Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 0,11 persen atau 98,12 poin ke level 7.313,86 pada perdagangan Selasa, 23 Juli kemarin. Bagaimana dengan pergerakan IHSG hari ini, Rabu 24 Juli?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya melihat pola pergerakan IHSG masih terlihat betah berada dalam rentang konsolidasi wajar di tengah fluktuasi nilai tukar rupiah. Sedangkan dalam rentang jangka pendek masih terdapat banyak peluang yang dapat dimanfaatkan oleh para investor untuk melakukan akumulasi pembelian jika terjadi koreksi minor, mengingat kondisi perekonomian masih dalam keadaan stabil.

"Sehingga IHSG masih akan cenderung bergerak sideways dengan rentang 7.231-7.354," kata William.

Sementara Phintraco Sekuritas dalam risetnya, melihat secara teknikal, keberadaan strong resistance di 7.330-7.350 membatasi penguatan IHSG dalam jangka pendek.

IHSG akan didorong oleh sentimen dari eksternal di antaranya, pasar masih mencerna keputusan pengunduran diri Joe Biden sebagai Calon Presiden Partai Demokrat terhadap peta pemilu AS pada November 2024 mendatang. Sejumlah analis memperkirakan peluang besar Donald Trump untuk memenangi pemilu tersebut. 

"Selain itu isu kebijakan inward looking, peningkatan intensitas perang dagang AS-China dan dampaknya terhadap nilai perdagangan dunia kembali mengemuka," jelas Phintraco Sekuritas.

Sementara dari dalam negeri, pasar mengantisipasi data Foreign Direct Investment (FDI) kuartal II 2024. Data ini dapat mempengaruhi cara pasar memandang outlook pertumbuhan ekonomi Indonesia di sisa tahun 2024. Pasar memang telah mengantisipasi potensi perlambatan pertumbuhan FDI di tahun pemilu.

Adapun saham-saham yang direkomendasikan Phintraco Sekuritas untuk hari ini, di antaranya EXCL, TOWR, MBMA, EMTK, dan ERAA.