Roatex Bakal Evaluasi Uji Coba Bayar Tol Tanpa Sentuh di Februari 2024
Direktur PT RITS Gyula Orosz (Foto: Theresia Agatha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) akan melakukan evaluasi dari hasil uji coba perdana penerapan sistem jalan tol nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di Tol Bali Mandara. Evaluasi itu akan dilakukan pada Februari 2024.

Direktur PT RITS Gyula Orosz menyebut, pihaknya akan melangsungkan uji coba terhadap sejumlah kendaraan friendly user hingga periode Januari 2024.

"Uji coba akan dimulai pada Desember 2023, tetapi bukan berarti kami bakal menyelesaikan semua uji coba pada tahun ini. Kami akan melanjutkan uji coba pada Januari 2024 dan Februari 2024 kita akan melakukan evaluasi bersama dengan Kementerian PUPR," kata Gyula saat ditemui di Gedung Sequis Center, Jakarta Selatan, Selasa, 5 Desember.

Gyula mengatakan, apabila evaluasi yang dilakukan menunjukkan hasil optimal, pihaknya optimistis akan segera menerapkan MLFF pada 6 ruas utama di Indonesia.

"Kami akan memperluas sistem kami ke segmen prioritas juga, kami yakin bisa lebih dari enam (jalan tol), tergantung dari pembahasan dan kesepakatan Kementerian PUPR," tuturnya.

Adapun MLFF merupakan teknologi terkini di dunia yang memproses pembayaran secara otomatis bagi kendaraan yang melintas di jalan tol.

Melalui teknologi ini, pengguna jalan tol dapat masuk dan keluar tanpa harus berhenti untuk membayar.

Hal ini dimungkinkan karena MLFF menggunakan teknologi Global Navigation Satelit System (GNSS), yaitu sistem yang memungkinkan dilakukannya transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit, sehingga tidak diperlukan alat pembaca di setiap tempat di jalan tol seperti pada teknologi berbasis RFID, memberikan solusi biaya yang lebih efektif.