Bagikan:

JAKARTA - Sistem transaksi jalan tol nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan segera diterapkan di sejumlah ruas jalan tol Indonesia. Dengan penerapan sistem baru tersebut, masyarakat wajib melakukan pendaftaran pada aplikasi khusus bernama Cantas.

Kebijakan mengenai hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2024 tahun 2024 tentang Jalan Tol yang diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 20 Mei 2024. Dalam Pasal 105 aturan tersebut disebutkan bahwa kendaraan yang akan melalui jalan tol wajib mendaftar melalui aplikasi khusus MLFF di smartphone, yaitu Cantas.

"Pada saat sistem teknologi non tunai nirsentuh nirhenti telah diterapkan, Pengguna Jalan Tol wajib mendaftarkan kendaraan bermotor yang digunakannya melalui aplikasi sistem teknologi non tunai nirsentuh nirhenti yang disetujui Menteri," bunyi beleid tersebut.

Namun demikian, aplikasi khusus bernama Cantas tersebut masih belum tersedia di AppStore maupun Play Store. Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengatakan, masih diperlukannya perkembangan ke depan.

Mengingat, untuk implementasi sistem bayar tol tanpa setop itu akan dimulai secara bertahap tahun ini dengan sistem Single Lane Free Flow (SLFF) menggunakan barrier.

"Aplikasinya sebenarnya sudah ada, namanya Cantas. Cuman nanti kami perlu sesuaikan dengan perkembangan SLFF itu," ujar Hedy kepada wartawan di Jakarta Convention Center, Selasa, 28 Mei.

Hedy menilai, aplikasi tersebut bakal masuk ke AppStore maupun Play Store usai penerapan SLFF itu berjalan secara bertahap di ruas tol yang telah ditentukan.

"Belum, karena nanti kami akan uji coba dulu dan SLFF ini, kan, belum selesai (pembicaraannya)," katanya.

Sebelumnya, PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) bakal siap mengimplementasikan sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) pada tahun ini.

Rencananya, implementasi sistem bayar tol tanpa sentuh itu akan mulai diterapkan secara bertahap pada Oktober 2024 mendatang di Tol Bali Mandara.

"RITS sebagai badan usaha pelaksana (BUP) program MLFF telah siap untuk mengimplementasikan sistem tersebut sesuai jadwal yang ditargetkan pemerintah, yaitu mulai kuartal keempat tahun ini," ujar Direktur Utama PT RITS Attila Keszeg dalam Media Briefing & Talk Show "Driving Towards A Brighter Future: The Evolution of Indonesian Transportation For Accelerated Accessibility di Jakarta Convention Center, Selasa, 28 Mei.