Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, penerapan transaksi jalan tol nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) bakal dikelola oleh gabungan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam negeri.

Adapun BUJT yang bersedia terlibat dalam aksi korporasi itu yakni, PT Hutama Karya (Persero), PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) serta PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR).

"Iya, jadi sudah kami lebur. Tidak hanya RITS, Karen kalau RITS sendiri pasti BUJT khawatir. Nah, sekarang kami masuk dan alhamdulillah mereka bersedia," ujar Basuki saat ditemui wartawan di kantornya, Jumat, 21 Juni.

Dia menjelaskan, kebijakan itu dikeluarkan untuk meyakinkan BUJT bahwa pengelolaan tol sistem MLFF aman dan dipantau pemerintah.

Dengan demikian, PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) tidak akan menjadi satu-satunya pengelola sistem bayar tol tanpa henti tersebut.

Diketahui, PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebelumnya menyatakan kesiapan mengimplementasikan sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) pada tahun ini.

Rencananya, implementasi sistem bayar tol tanpa sentuh itu mulai diterapkan secara bertahap pada Oktober 2024 mendatang di Tol Bali Mandara.

"RITS sebagai badan usaha pelaksana (BUP) program MLFF telah siap untuk mengimplementasikan sistem tersebut sesuai jadwal yang ditargetkan pemerintah, yaitu mulai kuartal keempat tahun ini," ujar Direktur Utama PT RITS Attila Keszeg dalam Media Briefing & Talk Show "Driving Towards A Brighter Future: The Evolution of Indonesian Transportation For Accelerated Accessibility di Jakarta Convention Center, Selasa, 28 Mei.

Selama masa transisi ini, sistem yang digunakan adalah single lane free flow (SLFF) dengan tetap menggunakan barrier.

Sehingga, pengguna jalan tol perlu mengunduh aplikasi Cantas, kemudian aplikasi tersebut terhubung dengan rekening perbankan milik pengguna tol.

Setiap kali melewati titik transaksi pembayaran tol, maka saldo rekening secara otomatis akan berkurang sesuai dengan nominal yang harus dibayar ketika melewati ruas jalan tol.

Adapun MLFF merupakan teknologi terkini di dunia yang memproses pembayaran secara otomatis bagi kendaraan yang melintas di jalan tol.

Melalui teknologi ini, pengguna jalan tol dapat masuk dan keluar tanpa harus berhenti untuk membayar.