Jasa Marga Kasih Diskon Tarif Tol saat Musim Mudik Lebaran, Hutama Karya Bakal Ikutan?
EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahja Purnomo. (Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) atau HK akan mempertimbangkan pemberian diskon tarif tol saat musim mudik Lebaran 2023. Menyusul adanya permintaan dari Kementerian BUMN.

EVP Sekretaris Perusahaan, Tjahja Purnomo mengatakan pihaknya masih membahas kemungkinan tersebut. Namun untuk saat ini pihaknya belum berencana memberikan diskon tarif tol.

HK sendiri memang mengelola jalan tol yang akan dilalui saat arus mudik dan balik, yaitu Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Trafik ke JTTS diprediksi bakal naik sebesar 35 persen pada musim mudik lebaran tahun ini.

“Untuk HK sementara belum, masih dibicarakan. Tetapi sampai saat ini belum ada diskon tarif,” kata Tjahja di Jakarta, ditulis Selasa, 11 April.

Lebih lanjut, Tjahja mengatakan untuk memberikan diskon tarif tol saat musim mudik Lebaran perlu banyak pertimbangan.

“Karena ada hal-hal yang perlu disampaikan. Sampai siang tadi juga masih dalam taraf pembicaraan. Dan saya rasa sampai dengan saat sekarang belum. Dan mungkin juga dalam rangka ini masih belum juga,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian BUMN mengajak perusahaan BUMN karya untuk memberikan diskon tarif tol untuk mendukung lalu lintas mudik Lebaran 2023.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan BUMN Karya seperti Hutama Karya dan Waskita perlu meniru PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk memberi diskon tarif tol.

Seperti diketahui, Jasa Marga memberikan diskon tarif Tol Jakarta-Cikampek (Japek) untuk jarak maksimal sebesar 20 persen pada waktu tertentu saat arus mudik dan balik Lebaran.

“Hutama Karya dan Waskita kita imbau untuk berikan diskon tarif tol di jalur-jalur tertentu. Sama seperti yang dibicarakan Pak Menteri BUMN dan PUPR untuk bisa berikan diskon di jalur-jalur tol yang dilewati jalur mudik,” kata Arya, di acara Ngopi BUMN, Kamis, 6 April.