Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam dunia ekonomi, terdapat istolah biaya peluang. Istilah ini kerap muncul tidak hanya dalam lini bisnis namun pada kehidupan sehari-hari. Lalu, apa itu biaya peluang sebenarnya?

Artikel ini akan memberikan pemahaman terkait biaya peluang, mulai dari pengertian hingga contoh yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Apa Itu Biaya Peluang?

Jika merujuk pada namanya, jenis biaya ini memang berkaitan dengan sebuah peluang atau kesempatan. Biaya peluang dalam bahasa Inggris dikenal dengan Opportunity Cost. Secara umum, biaya peluang adalah sejumlah biaya yang harus dibayar diakibatkan karena memilih peluang yang dinilai terbaik dari peluang lainnya.

Biaya peluang juga bisa dipahami sebagai perelaan nilai barang atau jasa yang harus dikorbankan akibat pemilik lebih memilih alternatif peluang lain dari peluang yang ada. Saat seseorang menjumpai beberapa pilihan peluang namun hanya bisa memilih satu pilihan, maka pilihan peluang yang tak dipilih dianggap sebagai biaya peluang.

Atau, saat seseorang memiliki sumber daya yang hanya bisa digunakan untuk satu tujuan padahal ia memiliki 2 atau tiga tujuan. Maka sisa tujuan yang tak dipilih dianggap sebagai biaya peluang.

Contoh Biaya Peluang

Seperti telah disinggung sebelumnya, biaya peluang tidak hanya muncul dalam sektor bisnis namun dalam kehidupan sehari-hari. Contoh biaya peluang sehari-hari adalah sebagai berikut.

Tina memiliki modal sebesar Rp10 juta rupiah. Ia ingin membuka usaha dan sampailah dia pada dua pilihan. Pilihan pertama adalah ia membuka usaha konveksi dengan keuntungan Rp1 juta perbulan, dan pilihan kedua adalah ia tidak jadi bekerja dan memilih melamar pekerjaan dengan gaji UMR Rp2 juta perbulan.

Setelah dipertimbangkan, Tina akhirnya memilih untuk membuka usaha yang menjanjikan keuntungan Rp1 juta perbulan. Maka, pilihan yang tidak diambil yakni gaji UMR Rp2 juta adalah biaya peluang karea ia kehilangan kesempatan untuk menghasilkan Rp2 juta.

Itulah informasi tentan apa itu biaya peluang. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.