Apa Itu Ekonomi Digital? Ini Manfaatnya bagi Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi ekonomi digital (Unsplash/Bastian Riccardi)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Perkembangan zaman telah menghadirkan perubahan aktivitas dan teknologi di berbagai bidang, salah satunya adalah ekonomi. Kegiatan ekonomi kini telah bertransformasi menjadi ekonomi digital. 

Ekonomi digital telah membuat seluruh kegiatan sehari-hari menjadi lebih praktis dan efisien. Segala bentuk kegiatan ekonomi kini bisa dilakukan secara online atau melalui platform digital. Ekonomi digital menghadirkan banyak kemudahan yang membuka banyak peluang bisnis

Hampir semua pengguna internet dan gadget lebih menyukai transkasi ekonomi digital dibanding ekonomi konvensional. Kini setiap orang dapat berjualan dan membeli suatu produk melalui platform digital. Selain itu, penyimpanan uang hingga kredit bisa dilakukan secara online. 

Apa Itu Ekonomi Digital

Ekonomi digital secara pengertian umum adalah kegiatan ekonomi yang menggunakan bantuan internet dan didukung kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelkigence). Ekonomi digital menjadi transformasi dari kegaitan perekonomian dan bisnis di masayrakat keseluruhan. 

Ekonomi digital telah membawa perubahan yang bermanfaat dan berkemajuan. Era ini telah memuat segala aktivitas sehari-hari dan bisnis dapat dijalankan dengan mudah dan cepat. 

Sebelum adanya ekonomi digital, kegiatan keuangan dilakukan dalam waktu yang lebih lama dan biaya yang lebih mahal. Kegiatan yang dioperasikan secara manual menggunakan tangan manusia, kini telah bersistem otomatis. 

Contohnya, dulu pebisnis harus memiliki toko fisik atau menyewa kios sebagai tempat berjualan. Namun sekarang siapa saja dapat berjualan tanpa harus memiliki kios. Selain itu, dulu pembeli dan penjual harus melakukan transaksi secara offline, kini transaksi bisa dilakukan lewat online. 

Manfaat Ekonomi Digital

Ada beberapa manfaat dari ekonomi digital bagi kehidupan sehari-hari. Sebelum era ini, kehidupan  berikut ini belum pernah ada. 

Penyebaran Informasi secara Luas

Kehadiran internet membuat penyebaran informasi tanpa mengenal batas. Internet telah mewadahi keterhubungan orang-orang dari segala daerah hingga berbagai belahan dunia. 

Dengan begitu pengguna internet dapat mencari informasi lebih banyak serta menyebarkannya secara luas. Hal ini sangat berperan penting dalam efisiensi dan kelancaran bisnis penjual maupun kenyamanan pembelinya. 

Lebih Hemat Biaya

Manfaat lain yang paling dirasakan dari ekonomi digital adalah hemat biaya. Di era ini, pebisnis atau perusahaan dapat lebih menghemat anggaran karena berbagai kemudahan. Pebisnis tidak perlu membeli bangunan atau menyewa kios.

Di era ini, pebisnis dapat melakukan aktivitas bisnisnya melalui internet.  selain itu, ekonomi digital juga memungkinka perusahaan memotong aspek ritel dan mengirim barang sesuai kebutuhan pelanggan. Sistem ini memungkinkan biaya produksi dapat ditekan lebih rendah. 

Lebih Hemat Waktu

Ekonomi digital juga memberi manfaat dari segi waktu. Sebelum masuk ke era ini proses produksi suatu barang hingga pengiriman. Sekarang proses produksi barang telah mengurangi tenaga manusia dan digantikan oleh sistem. Aktivitas pembayaran dan pengiriman pun bisa lebih praktis sehingga hemat waktu. 

Menghilangkan Hambatan

Ekonomi digital di beberapa sektor industri mampu menjadi solusi bagi kendala atau hambatan yang ada. Era ini memungkinkan setiap orang untuk menciptakan ide baru yang inovatif dan menarik, dan mengurangi cara-cara tradisional yang bersifat lama atau tertinggal. Perusahaan-perusahaan di era sekarang juga telah menghadirkan layanan baru yang memudahkan aktivitas sehari-hari. 

Itulah penjelasan ekonomi digital dan manfaat-manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Contoh ekonomi digital sangatlah banyak, mulai dari bidang transportasi, kesehatan, perbankan, bisnis, sosial, dan sebagainya. Era ekonomi digital membuka kesempatan bagi siapa saja untuk berkarya dan berinovasi.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.