Citilink Resmi Buka Penerbangan Rute Denpasar-Papua Nugini
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Maskapai penerbangan Citilink kembali meluncurkan penerbangan rute internasional terbaru.

Kini, Citilink resmi melayani penerbangan langsung dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali menuju Bandar Udara Internasional Jacksons, Port Moresby, Papua Nugini.

Perbangan perdana sudah dimulai pada 2 Juli 2023 lalu dan akan terbang setiap dua kali seminggu. Ini merupakan penerbangan berjadwal pertama yang melayani rute Bali-Papua Nugini.

“Pembukaan rute internasional terbaru ini merupakan momen bersejarah untuk kedua negara dan juga untuk Citilink khususnya, karena Citilink merupakan maskapai Indonesia pertama yang melakukan penerbangan langsung untuk menghubungkan Indonesia dengan Papua Nugini,” ujar Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai mengatakan, ditulis Rabu, 5 Juli.

Dewa menambahkan bahwa pembukaan rute baru ini merupakan salah satu bentuk komitmen Citilink dalam meningkatkan konektivitas antarwilayah, dalam hal ini menghubungkan negara Indonesia dengan negara Papua Nugini.

Lebih lanjut, Dewa mengatakan dibukanya penerbangan rute baru ini juga diharapkan dapat meningkatkan hubungan bilateral antar kedua negara.

“Citilink senantiasa berkomitmen memastikan seluruh penerbangan berjalan secara optimal dengan mengedepankan aspek keamanan, keselamatan serta kenyamanan bagi seluruh pelanggan,” ucapnya.

Rute Sudah Lama Dinantikan

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana mengatakan rute penerbangan ini sudah ditunggu cukup lama oleh masyarakat Papua Nugini.

“Sebelumnya mereka yang ingin ke Indonesia khususnya ke Bali harus transit di Manila atau Singapura dan lainnya. Tetapi sekarang sudah ada direct flight ke Indonesia khususnya ke Bali,” ucap Putu.

Putu menambahkan dari dibukanya penerbangan yang menghubungkan Indonesia dengan Papua Nugini diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun berharap dengan penerbangan ini bisa menambah lagi kedatangan kunjungan wisman ke Bali.

“Target kami disampaikan oleh Pak Gubernur adalah 4,5 juta kunjungan, sampai dengan tanggal 22 Juni kemarin kami sudah mencapai 2,2 juta kunjungan wisman,” tutur Bagus.

Jadwal Penerbangan

Penerbangan rute Bali-Papua Nugini ini beroperasi dua kali dalam sepekan yakni pada hari Kamis dan Minggu. Penerbangan akan dilayani dengan pesawat Airbus A320.

Rinciannya, jadwal penerbangan dari Denpasar menuju Papua Nugini akan dilayani dengan nomor penerbangan QG 598.

Adapun estimasi waktu keberangkatan pukul 04:00 WITA, dan estimasi tiba pukul 11.00 waktu setempat.

Sementara, jadwal penerbangan dari Papua Nugini menuju Denpasar akan dilayani denhan nomor penerbangan QG 599.

Adapun waktu keberangkatan pukul 12.00 waktu setempat, dan estimasi tiba pulul 14.55 WITA.