Pacu Pertumbuhan Transaksi Digital, BNI Optimalkan Cabang Luar Negeri
Kantor cabang BNI di luar negeri (Foto: Dok. BNI)

Bagikan:

JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BNI) berupaya memacu pertumbuhan transaksi digital melalui optimalisasi Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN).

Direktur Digital & Integrated Transaction Banking BNI Corina Leyla Karnalies mengatakan pihaknya membidik akuisisi nasabah baru serta peningkatan jumlah nasabah existing di kanal virtual.

“Dalam rangka mengoptimalkan ekosistem bisnis di luar negeri, BNI terus mengembangkan KCLN, di mana implementasi sudah dilakukan di Kantor Cabang London. Tentunya juga akan dimulai di berbagai KCLN lainnya, yaitu BNI KCLN New York, Seoul, Tokyo, Singapore dan Hongkong,” ujarnya melalui pesan tertulis pada Minggu, 7 Mei.

Menurut Corina, pada kuartal I 2023 layanan digital BNIDirect mencatatkan kinerja positif dengan melayani 102.000 pelanggan atau tumbuh 32,9 persen year on year (yoy).

Pertumbuhan tersebut turut mendongkrak volume transaksi sebesar 27,3 persen dengan jumlah transaksi yang juga meningkat 25,3 persen atau mencapai 203 juta transaksi.

“Pertumbuhan terjadi seiring keberhasilan perusahaan dalam menangkap potensi akuisisi nasabah baru dari perubahan perilaku masyarakat dalam kebutuhan mengelola bisnis secara seamless dan borderless,” tuturnya.

Corina menjelaskan, peningkatan dicapai seiring upaya maksimalisasi potensi nasabah existing untuk mengeksplorasi beragam solusi transaksi cash management yang ditawarkan perseroan.

Disamping itu, BNI juga disebut meningkatkan exposure solusi ekosistem bisnis BNI dengan memperluas cakupan bukan hanya kepada nasabah, namun juga value chain nasabah tersebut seperti supplier, distributor, dan merchant potensial.

Lebih lanjut, dengan memperluas cakupan dari bisnis turunan nasabah, Corina berharap tercipta satu kesatuan solusi yang akan menghasilkan bisnis inklusif bagi BNI.

"Kami optimis BNIDirect akan tumbuh pada 2023. Hal tersebut tidak lepas dari potensi transaksi digital banking pada landscape perbankan nasional yang meningkat 28,72 persen year on year pada 2022 dan diproyeksikan untuk terus tumbuh positif pada tahun ini," tegas dia.

Adapun, transaksi digital BNI khususnya BNIDirect untuk nasabah korporasi terus memperlihatkan pertumbuhan dalam 5 tahun terakhir, di mana pertumbuhan terbesar terjadi pada tahun 2022 yang mencatat pertumbuhan nilai transaksi sebesar 47 persen secara tahunan.