Jelang Ramadan, BPJT Buka Peluang Diskon Tarif Jalan Tol
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Danang Parikesit. (Foto: Theresia Agatha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Badan Pengatur Jalan (BPJT) Tol Kementerian PUPR Danang Parikesit menyebut, pihaknya membuka peluang untuk memberikan potongan harga tarif jalan tol menjelang Ramadan mendatang.

"Namanya diskon tarif inisiatif badan usaha. Kami (usahakan) komunikasikan dengan mereka kalau ada keinginan dari masyarakat pengguna jalan tol," kata Danang kepada wartawan ditemui di Jakarta, Senin, 20 Maret.

Menurut Danang, hal tersebut dilakukan untuk menyambut antusias masyarakat yang akan melakukan mudik pada tahun ini.

"Tetapi di satu sisi kami pahami aspirasi masyarakat untuk dapat pelayanan lebih, tetapi di sisi lain kami juga mengerti kondisi keuangan mereka," ujarnya.

Kepala BPJT itu menilai, pihaknya tidak bisa memaksakan kebijakan pemberian potongan harga bagi para pengguna jalan tol.

Sebab, setiap badan usaha yang membangun dan mengoperasikan masing-masing ruas jalan tol memiliki kondisi keuangan yang berbeda-beda.

"Mereka (para badan usaha) masih menghitung-hitung. Mereka masih menghitung seperti apa kondisinya, karena tidak semua BU (badan usaha) sama kondisi keuangannya," jelas Danang.

Meski begitu, kata Danang, pihaknya tidak bisa menampik jika pendapatan para badan usaha tersebut termasuk yang paling tinggi dalam satu tahun ketika memasuki masa Lebaran.

"Kami tahu kalau Lebaran pendapatan mereka termasuk yang paling tinggi selama satu tahun. Itu yang selalu jadi bahan kami untuk komunikasi dengan mereka. Itu yang selalu jadi bahan kami untuk komunikasi dengan mereka," pungkasnya.