BPJT Sebut Bakal Ada 120 KM Ruas Tol Fungsional yang Beroperasi Jelang Ramadan
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit. Foto: Theresia Agatha/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut, ada 120 kilometer (KM) ruas jalan tol fungsional yang akan beroperasi menjelang Ramadan nanti.

"Ada 120 kilometer (yang akan fungsional jelang Lebaran)," kata Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit kepada wartawan, Senin, 20 Maret.

Danang mengatakan, data tersebut sudah disampaikan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Menurut dia, hal tersebut merupakan usulan yang disampaikan pihaknya. Sebab, tidak semua ruas jalan tol benar-benar 100 persen fungsional saat Lebaran nanti.

"Ada yang mungkin fungsional itu hanya siang hari, kan, enggak bisa malam hari. Jadi, kami mengusulkan ada 120-an kilometer lebih ruas tol yang bisa difungsionalkan selama Lebaran," ujarnya.

Lebih lanjut, Danang menjelaskan, ruas jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) menjadi salah satu yang akan dioperasikan dalam waktu dekat ini.

"Kemudian, Tol Sigli-Banda Aceh, kan. Itu mungkin (seksi) 1,2,3,4 bisa kami operasikan. Kemudian, Pasuruan-Probolinggo, tadinya, kan, sampai Probolinggo Barat, sekarang sudah sampai Probolinggo Timur," jelasnya.

Kepala BPJT itu menilai, ruas jalan Tol Probolinggo menjadi salah satu ruas yang sudah selesai secara 100 persen pada tahun ini.

"Tetapi yang sudah betul-betul selesai itu (ruas jalan tol) Probolinggo sampai Interchange (IC) Genting namanya. Kemudian, Cisumdawu yang harapan kami bisa membantu masyarakat ke Kertajati, karena, kan, Kertajati mau dioperasikan pak menhub," pungkasnya.