Pemeliharaan Jalan Tol Trans-Sumatera Dilakukan Kala Ramadan 2023 akan Tiba
Ilustrasi - Kendaraan keluar masuk di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) melalui Gerbang Tol Bakauheni Selatan. ANTARA/HO-Hutama Karya

Bagikan:

SUMATERA - PT Hutama Karya (HK) mengebut pemeliharaan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) sebelum momen mudik Lebaran 2023 atau 1444 Hijriah.

"Pemeliharaan Jalan Tol Trans-Sumatera sedang berlangsung yang mana saat ini tengah dilakukan peningkatan kualitas di ruas Tol Bakter (Bakauheni-Terbanggi Besar) yang berlokasi di Km 08+900 hingga Km 138+600 dengan progres pengerjaan mencapai 65,2 persen," kata Direktur III HK Koentjoro dalam keterangannya, Minggu 19 Maret, disitat Antara.

Kemudian, lanjut dia, peningkatan kualitas jalan juga dilakukan di ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) di Km 141+400 hingga Km 325+000 yang sudah mencapai 94,6 persen.

"Pemeliharaan jalan ini dilakukan dengan berbagai metode dari mulai scraping, filling, dan overlay (SFO) hingga rekonstruksi beton rigid yang jika tidak ada kendala akan segera rampung pada akhir Maret ini," kata dia.

Ia pun menghimbau pengguna jalan tol untuk mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

"Salah satunya dengan menggunakan satu kartu uang elektronik untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldonya sebelum memasuki gerbang tol," kata dia.

Ia juga mengatakan dalam menghadapi mudik Lebaran 2023, HK juga menyiapkan 3.132 petugas guna kelancaran arus mudik Lebaran 1444 Hijriah di JTTS.

"Selain itu, Hutama Karya juga akan menyiapkan 347 unit armada dan 52 unit mobil reader. Kami juga memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) tercukupi di setiap SPBU yang berada di JTTS," tandasnya.