Ini Daftar 8 Tol Gratis Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2023
Ilustrasi jalan tol (Dok. Astra Infra)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menjelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023, pemerintah membebaskan biaya tol. Namun tak semua jalan tol akan digratiskan.

Tol gratis akhir tahun 2022 jadi kabar yang cukup menggembirakan terutama bagi masyarakat yang sudah merencanakan perjalanan.

Daftar Tol Gratis Akhir Tahun 2022

Seperti diketahui, arus kendaraan di beberapa ruas tol akan padat saat libur akhir tahun, khususnya saat Natal dan Tahun Baru 2022. Dengan adanya pembebasan biaya tol diharapkan mampu mengurangi kepadatan di gerbang tol. Namun harus diketahui bahwa tak semua ruas tol akan digratiskan. Berikut ini beberapa tol yang akan digratiskan oleh pihak pengelola.

Saat libur Nataru, ada delapan ruas jalan tol yang akan beroperasi secara fungsional. Dengan status tersebut maka pengendara tak dikenakan biaya saat melintas di jalan tol tersebut.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit, mengatakan bahwa ada delapan tol yang disiapkan. Hanya saja pengendara masih harus melakukan tapping kartu uang elektronik. Kedelapan tol tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A-Ujung

Salah satu ruas yang akan digratiskan adalah Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 2A dan 2A Ujung (Jakasampurna-Marga Jaya). Ruas ini rencananya akan mulai beroperasi pada akhir tahun 2022. Panjang seksi ini mencapai 4,88 km.

  1. Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak

Tol yang ada di Jawa Tengah ini juga akan digratiskan dengan status fungsional. Tol ini dianggap penting untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di Jalan Pantai Utara (Pantura). Panjang jalan tol seksi ini mencapai 16,31 kilometer.

  1. Tol Jakarta-Cikampek Selatan Paket 3 Segmen Sadang-Kutanegara

Tol Jakarta-Cikampek atau Japek II Selatan Seksi 3 Sadang-Kutanegara juga akan dibuka secara fungsional. Pembukaan akan dimulai pada 18 Desember 2022. Panjang seksi ini mencapai sepanjang 8,5 km dan masih gratis untuk masyarakat.

  1. Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 Balang Bintang-Kutobaru dan Seksi 6 Kutobaru-Simpang Baitussalam

Jalan Tol Banda Aceh-Sigli terdiri dari 5 seksi, namun pembukaan secara fungsional hanya pada seksi 5 Balang Bintang-Kutobaru dan seksi 6 Kutobaru-Simpang Baitussalam. Panjang tol seksi 5 mencapai sepanjang 7,3 km, sedangkan seksi 6 sepanjang 5 km.

  1. Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Ramp JC Wringinanom tahap 1 sepanjang 7,45 km

Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Ramp JC Wringinanom panjangnya mencapai 7,45 km. Uji Laik Fungsi di ruas tol ini sudah dilakukan pada bulan Oktober 2022 lalu.

  1. Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3A ruas Kukusan-Krukut

Ruas Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3A juga akan diuji coba menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru nanti. Seksi ini panjangnya mencapai 3 km.

  1. Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km

Tol Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 Cigombong-Cibadak akan dibuka secara fungsional menjelang Nataru 2022. Jalur ini panjangnya mencapai 11,9 km.

“Fungsional memang tidak berbayar, meskipun di beberapa ruas jalan tol baru harus tetap melakukan tapping e-money,” ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit.

  1. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km.

Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat secara total dibagi menjadi 6 seksi, sedangkan yang akan beroperasi secara fungsional pada Nataru 2022 adalah seksi 1 yakni Tebing Tinggi-Indrapura yang panjangnya mencapai 20,4 km.

Itulah informasi terkait tol gratis akhir tahun 2022. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.