Tol Cisumdawu Difungsikan Saat Libur Natal-Tahun Baru 2023
Tol Cisumdawu/Dok ANTARA

Bagikan:

CIREBON - Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana mengatakan Tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan (Cisumdawu) saat libur Natal dan Tahun Baru 2023 akan difungsikan untuk kendaraan kecil sehingga masyarakat dari Bandung menuju Cirebon atau sebaliknya tidak perlu memutar.

"Alhamdulillah kami dapat berita gembira bahwa pemerintah akan memfungsikan jalan Tol Cisumdawu," kata Irjen Suntana di Cirebon dilansir ANTARA, Selasa, 13 Desember.

Suntana mengatakan dengan difungsikan jalan Tol Cisumdawu, maka dapat memangkas waktu perjalanan dari Bandung menuju Cirebon maupun sebaliknya hingga satu jam lebih sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat.

Untuk fungsional Tol Cisumdawu, katanya, dilakukan selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 tanpa dipungut biaya atau gratis, namun masih dikhususkan bagi kendaraan kecil.

"Jalan Tol Cisumdawu ini belum dipungut bayaran, tapi masih dikhususkan untuk kendaraan kecil," katanya.

Suntana mengatakan dengan dibukanya Tol Cisumdawu secara fungsional maka diharapkan dapat mempermudah mobilisasi masyarakat yang akan berlibur maupun silaturahim.

Saat libur Natal dan Tahun Baru 2023, pihaknya akan menyiagakan anggota untuk menjaga dan mengatur lalu lintas, baik di jalan tol maupun arteri.

Kepolisian akan melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas apabila diperlukan selama masa liburan apabila badan jalan sudah tidak bisa menampung kendaraan.

"Untuk rekayasa lalu lintas bisa dilakukan saat dibutuhkan di lapangan," katanya.