Bagikan:

JAKARTA - Jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum mulai beroperasi secara fungsional alias gratis per Minggu, 8 September 2024. Langkah ini dilakukan dalam rangka mendukung gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON).

Informasi ini disampaikan oleh operator tol, PT Hutama Karya (Persero). Operasional akan dilakukan mulai Minggu, 8 September hingga Jumat, 20 September, pada pukul 07.00-17.00 WIB.

"Hutama Karya dukung PON 2024 dengan membuka jalur fungsional Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 1 (Padang Tiji-Seulimeum pada 8-20 September 2024," tulis Hutama Karya, dikutip dari unggahan akun Instagram @hutamakaryatollroad, Senin, 9 September.

Di sisi lain, tidak semua pengguna jalan diperbolehkan untuk melintasi jalan tersebut. Tol ini hanya dapat dilalui kendaraan yang mendukung gelaran PON XXI Aceh-Sumut 2024.

"Hanya Berlaku untuk kendaraan Official PON yang dilengkapi dengan sticker penandaan khusus dari PB PON," jelas Hutama Karya.

Adapun berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR pada Agustus lalu, Jalan Tol Sibanceh Seksi 1 yang menghubungkan Padang Tidji-Seulimeum konstruksinya akan rampung pada tahun ini dengan progres konstruksi 89,28 persen. Panjang seksi 1 jalan tol ini mencapai 24,68 kilometer (km).

Tol Sigli-Banda Aceh menjadi ruas bebas hambatan pertama dan satu-satunya yang ada di Provinsi Aceh. Ruas tol ini hampir bisa dioperasikan secara penuh. Dari total 6 seksi jalan tol, sudah beroperasi 5 seksi yang menghubungkan Seulimeum hingga Baitussalam dengan panjang 48,5 km.

Menurut keterangan BPJT Kementerian PUPR, jalan tol ini dapat menghemat waktu perjalanan hingga 1 jam. Dari Seulimeum menuju Baitussalam waktu tempuhnya cuma 30 menit dari awalnya 90 menit.