Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan 4 seksi Jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) pada Senin, 9 September 2024.

Keempat seksi tersebut meliputi Seksi 2 Seulimeum-Jantho, Seksi 3 Jantho- Indrapuri, Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro dan Seksi 6 Kuto Baro-Baitussalam.

Adapun 4 dari total 6 seksi Jalan Tol Sibanceh yang diresmikan tersebut memiliki total panjang 35 kilometer (km).

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Apri Artoto mengatakan, Seksi Seulimeum-Jantho, Jantho-Indrapuri, Blang Bintang-Kuto Baro dan Kuto Baro-Baitussalam sepanjang 35 km merupakan lanjutan Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) yang sebelumnya telah diresmikan Presiden Jokowi pada Agustus 2020 silam.

Kemudian, Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum sepanjang 25 km yang masih tahap akhir konstruksi dan ditargetkan beroperasi November 2024.

"Sehingga, seluruh ruas Tol Sigli-Banda Aceh ditargetkan sudah beroperasi pada tahun ini," ujar Apri dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa, 10 September.

Menurut Apri, manfaat dari jalan tol ini yakni untuk meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas dari Kota Banda Aceh menuju Sigli hingga Sumatera Utara dan sebaliknya.

"Kehadiran Tol Sigli-Banda Aceh yang akan tersambung penuh juga diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan sistem logistik pada jalur perdagangan di Provinsi Aceh serta mendorong tumbuhnya pusat-pusat kegiatan ekonomi produktif baru, khususnya di koridor Banda Aceh-Sigli," imbuhnya.

Diketahui, pengusahaan Tol Sibanceh merupakan bagian dari penugasan pemerintah kepada PT Hutama Karya (Persero) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dengan nilai investasi sebesar Rp13,5 triliun dan PT Adhi Karya Tbk selaku kontraktor pelaksana.

Secara keseluruhan, total panjang Tol Sibanceh mencapai 74 km yang terdiri dari 6 seksi, yakni Seksi 1 Padang Tiji- Seulimeum, Seksi 2 Seulimeum-Jantho, Seksi 3 Jantho-Indrapuri, Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang, Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro dan Seksi 6 Kuto Baro-Baitussalam.