Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah terus melakukan persiapan menjelang libur Nataru 2023, khususnya dari sisi infrastruktur, seperti jalan tol. Salah satu hal yang dinantikan masyarakat adalah adanya diskon tarif tol.

Merespons hal tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bakal menghubungi Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) guna membahas pemberian diskon tarif tol tersebut.

"Nanti, saya akan menghubungi ATI," ujar Basuki ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa, 21 November.

Basuki menilai, pemberian diskon tarif tol merupakan inisiatif dari para pengusaha jalan tol itu sendiri dan bukan kewenangan Kementerian PUPR sepenuhnya.

"Kan, tidak semua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) nanti akan mengeluarkan kebijakan diskon, seperti yang diskon (momentum Lebaran) kemarin ada yang diskon, ada yang enggak. Karena kalau dipaksa nanti pemegang sahamnya 'lho ki kok pemerintah ikut-ikut intervensi', semua harus berdasarkan pada corporate action sesuai dengan business process-nya," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyebut, penerapan diskon tarif tol menjelang Nataru masih dalam pembahasan.

"Terkait dengan diskon tarif tol sampai saat ini belum ada kebijakan atau keputusan, tetapi nanti akan didiskusikan, baik secara internal di Kementerian PUPR maupun antar kementerian," kata Anggota BPJT Unsur Masyarakat Tulus Abadi dalam diskusi publik di Jakarta, Kamis, 16 November.

Tulus menilai, pemberian diskon tarif tol bukan menjadi hal yang terlalu krusial. Sebab, secara umum masyarakat menginginkan adanya kelancaran di jalan tol itu sendiri.

"Yang jelas memang beberapa tahun terakhir setiap musim mudik, baik hari raya Lebaran ataupun Nataru ada diskon. Tapi itu kami diskusikan kembali, karena yang terpenting bagi masyarakat bukan diskon, melainkan kelancaran arus (di jalan tol)," ujarnya.

Dia menambahkan, seharusnya hal yang difokuskan saat ini adalah mengenai persiapan-persiapan Nataru itu sendiri.

Salah satu upayanya adalah mempersiapkan jalan-jalan non tol untuk mengantisipasi kemacetan di ruas tol.