Kementerian PUPR Sebut Gerbang Tol di IKN Bakal Terapkan Sistem Pembayaran Nirsentuh
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyebut, semua ruas jalan tol baru di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan diterapkan sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF).

"Untuk ruas-ruas (tol) baru pasti akan menggunakan MLFF semuanya," kata Kepala BPJT Danang Parikesit di Jakarta, Senin, 20 Maret.

Danang mengatakan, pihaknya saat ini tengah mengusulkan kepada Menteri PUPR untuk diterapkannya MLFF di ruas jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

"Penerapan MLFF di jalan tol tersebut bertujuan untuk menyongsong digitalisasi di IKN," ujarnya.

Sebelumnya, BPJT Kementerian PUPR sudah menyebutkan, ada enam ruas tol yang akan diuji coba MLFF, di antaranya Jagorawi, Jakarta-Cikampek, Dalam Kota, Jakarta Outer Ring Road (JORR) termasuk Ulujami-Pondok Aren-Serpong, Bali-Mandara, dan Balikpapan-Samarinda.

BPJT berencana melakukan uji coba transisi sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) pada 1 Juni 2023 di Tol Bali Mandara.

Pemilihan Tol Bali Mandara telah melalui proses diskusi, mempertimbangkan bahwa ruas tol ini belum terlalu padat, sehingga akan lebih mudah dilakukan pengawasan untuk memastikan semua sistem nantinya berjalan dengan baik.