Mengenal Aplikasi Cantas untuk Pembayaran Tol Nirsentuh, Kapan Dimulai?
Ilustrasi gerbang tol (Foto dari Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pembayaran jalan tol kini semakin praktis berkat perkembangan teknologi digital. Setelah adanya kartu e-toll, pemerintah akan segera menerapkan sistem transaksi tol secara non tunai nirsentuh menggunakan aplikasi Cantas. Pengguna tol diminta mengenal aplikasi Cantas agar bisa menerapkannya dengan cepat dan maksimal. 

Ali Rachmadi, Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sekretariat BPJT Kementerian PUPR, menyampaikan bahwa peluncuran aplikasi Cantas masih menunggu persetujuan dari Basuki Hadimuljono Menteri PUPR. 

“Kalau memang aplikasi Cantas ini mau diluncurkan, kami menunggu terlebih dahulu persetujuan dari bapak Menteri PUPR,” ucap Ali Rachmadi saat Diskusi Publik Peluang dan Tantangan Implementasi Sistem Bayar Tol Tanpa Henti pada Selasa (7/2).

Dengan hadirnya aplikasi Cantas, nantinya proses pembayaran tol bisa dilakukan oleh pengendara secara lebih praktis. Bahkan proses pembayarannya pun lebih cepat dan mudah dibanding e-toll. Lantas apa itu aplikasi Cantas dan cara penggunaannya.

Mengenal Apa Itu Aplikasi Cantas?

Cantas adalah aplikasi pintar yang digunakan dalam penerapan sistem pembayaran tol nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF). MLFF akan menggunakan teknologi Global Navigation Satelit System (GNSS) yang memungkinkan transaksi dilakukan menggunakan aplikasi di smartphone dan terdeteksi melalui satelit. 

Penerapan aplikasi Cantas berbasil MLFF merupakan inovasi baru transaksi tol setelah e-toll. Teknologi ini dihadirkan untuk memberikan efisiensi dalam pembayaran tol. Sistem pembayaran e-toll akan segera diganti dengan MLFF. 

Cara Kerja Aplikasi Cantas

Sistem pembayaran tol MLFF sama dengan e-toll sebagai transaksi non tunai atau cashless. Namun penggunaan aplikasi Cantas lebih praktis dibandingkan transaksi menggunakan e-toll. Saat memakai e-toll, pengemudi harus berhenti di gerbang tol untuk melakukan pembayaran dengan cara tapping. 

Sementara dengan aplikasi Cantas, pengemudi bisa melakukan transaksi tanpa harus berhenti. Pengemudi bisa melakukan pembayaran tol cukup melalui aplikasi Canvas yang terinstal di smartphone. Sistem pembayaran tol MLFF dengan aplikasi Cantas akan memanfaatkan teknologi GNSS. 

GNSS merupakan sistem navigasi yang memanfaatkan satelit luar angkasa untuk mendeteksi dan mengirimkan data lokasi serta waktu ke pengguna. GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh sateli dan proses map-matching akan berjalan di central system. 

Teknologi ini akan memproses data kegiatan transaksi setiap pembayaran masuk jalan tol. Saat pengemudi keluar jalan tol, proses map-matching akan berakhir dan sistem akan melakukan kalkulasi tarif. 

Satelit yang terhubung dengan GNSS akan membaca data pengemudi untuk pembayaran jalan tol. Saat data pengemudi terbaca maka saldo uang elektronik di aplikasi smartphone akan terpotong secara otomatis. Jadi pengemudi tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol untuk proses transaksi. 

Kapan Penerapan Aplikasi Cantas?

Namun sampai saat ini penerapan aplikasi Cantas masih menunggu persetujuan dari Menteri PUPR. Ali Rachmadi mengungkapkan bahwa pihaknya telah membuat simulator aplikasi Cantas di sejumlah tempat. Aplikasi tersebut nantinya akan terhubung dengan source of fund, kemudian perlu diintegrasikan dengan perbankan dan sebagainya. 

“Terkait progres aplikasi Cantas, kami sudah membuat simulator dan menaruhnya di beberapa tempat, khususnya di Kementerian PUPR dan sudah terhubung dengan aplikasi tersebut,” kata Ali. 

Ali menyampaikan bahwa rencana proses uji coba teknologi MLFF pada mobil akan dilakukan secara bertahap pada pertengahan tahun 2023.  Ia mengatakan target implementasinya bertahap mulai bulan Juni. 

Selanjutnya jika penerapan transaksi tol nirsentuh sudah mencakup seluruh jalan tol di Indonesia, maka gardu tol tidak akan ada lagi. Jadi pembayaran akan dikumpulkan melalui GNSS dan law enforcement melalui Automatic number-plate recognition (ANPR). 

Demikianlah ulasan mengenai mengenal aplikasi Cantas untuk membayar tol secara nirsentuh. Penerapan aplikasi Cantas memiliki manfaat yang sangat besar bagi keperluan transportasi di jalan tol. Transaksi bisa dibayar tanpa berhenti sehingga menghilangkan antrean. Selain itu, teknologi ini juga menghemat biaya operasi dan meminimalisasi bahan bakar kendaraan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan berita terbaru dan terupdate, baik nasional maupun internasional.