Anies Bangun Kampung Susun untuk Warga Terdampak Penggusuran Normalisasi Era Ahok
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan perencanaan pembangunan atau groundbreaking Kampung Susun Produktif Tumbuh di Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur pada hari ini.

Kampung Susun ini diperuntukkan bagi warga Bukit Duri yang terdampak penggusuran akibat normalisasi Sungai Ciliwung pada 2016 yang saat itu dikerjakan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ketika menjabat Gubernur DKI.

Dalam acara peresmian pembangunan tersebut, Anies menegaskan dirinya telah melunasi janjinya untuk memberi jaminan tempat tinggal kepada warga korban penggusuran tersebut.

"Hari ini sebuah janji mulai kita lunasi. Kita semua bersyukur dari peristiwa akhir September 2016, peristiwa yang tidak akan pernah lepas dari ingatan bapak-ibu semua. Kota ini adalah milik kita semua, bukan hanya yang beruang, tapi siapa saja warga Jakarta berhak untuk punya tempat tinggal yang layak," kata Anies di lokasi, Kamis, 7 Oktober.

Pembangunan Kampung Susun ini dibangun setelah Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang mengabulkan gugatan class action warga Bukit Duri kepada Pemprov DKI terkait dengan penggusuran.

Menerima hasil putusan, Anies akhirnya menyediakan lahan di Jatinegara untuk membangun tempat tinggal mereka. Kampung Susun ini akan dibangun dengan 2 blok bangunan yang masing-masing setinggi 5 lantai untuk 79 unit hunian.

Tipe unit hunian mezanin seluas 36 m², masing-masing unit difasilitasi 2 kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga, ruang belajar, dapur, dan ruang tumbuh atau ruang UMKM.

Anies bilang, pembangunan Kampung Susun ini ditargetkan akan selesai pada Maret 2022.

"Tuntasnya insyaallah bulan Maret. Ada tiga pesan kepada yang membangun, on schedule, on budget, on quality. Kalau tiga itu dijalankan, insyaalah nanati kita bisa mensyukuri itu," ungkap Anies.