Opium dari Afghanistan Selatan Dipasok untuk Kartel Dunia, Mengubah Rantai Suplai dari Indochina
Ilustrasi tanaman opium di Afghanistan. (Wikimedia Commons/davric)

Bagikan:

JAKARTA - Hampir dua puluh tahun berperang dengan Amerika Serikat dan Sekutunya, diikuti dengan pengambialihan pemerintahan oleh Taliban Agustus lalu yang mengumumkan kemungkinan pelarangan terhadap opium, posisi Afghanistan tidak berubah dalam perdagangan global opium.

Harga opium di Afghanistan naik hingga tiga kali lipat sejak Taliban merebut kekuasaan dan mengumumkan kemungkinan pelarangan, terhadap tanaman yang getahnya bisa dipakai untuk membuat heroin, morfin hingga sabu-sabu.

Di antara sinyal yang dikirim ke komunitas internasional dalam upaya untuk mempertahankan dukungan keuangan yang penting, serta kepercayaan internasional, Taliban mengatakan negara itu tidak akan lagi memproduksi narkotika.

Tapi tidak ada yang memiliki dampak dari pernyataan 17 Agustus oleh juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid yang melihat desas-desus tentang larangan budidaya opium menyebar seperti api di Provinsi Kandahar, benteng bersejarah Taliban, produsen opium utama dan pusat perdagangan.

Kondisi ini justru menyebabkan harga opium Afghanistan melonjak di pasaran, jauh dari harga normal.

"Pembeli mengantisipasi kekurangan opium, dan itu menaikkan harga," kata Zekria, mengutip Euro News 30 September.

opium
Ilustrasi petani dan tentara di ladang opium Afghanistan. (Wikimedia Commons/ISAF Headquarters Public Affairs Office)

Pada tahun 2000, rezim Taliban pertama telah melarang penanaman opium sebagai 'haram' (bertentangan dengan hukum Islam) dan mengurangi produksi, sebelum digulingkan oleh Barat, yang juga berusaha untuk memberantasnya.

Tapi tahun demi tahun, produksi opium Afghanistan tetap sangat tinggi. Pada tahun 2020, negara tersebut menjadi pembudidaya opium top dunia, memproduksi 6.300 ton pada 224.000 hektar, menurut PBB.

Produksi tersebut menghasilkan pendapatan sekitar 2 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar 1,7 miliar euro di salah satu negara termiskin di dunia.

Mengutip UNODC, opiat ilegal Afghanistan diperdagangkan ke hampir setiap benua di dunia, kecuali Amerika Selatan, dan diperdagangkan di sepanjang tiga rute besar, rute Balkan, rute utara, dan rute selatan.

Ledakan opium Afghanistan dimulai pada 1980-an ketika pengedar narkoba memanfaatkan kekacauan setelah invasi oleh Uni Soviet pada 1979. Namun, saat Amerika Serikat menginvasi negara tersebut, opium tidak jadi target operasi.

"Kami bukan satuan tugas narkoba. Ini bukan misi kami," ujar komandan militer AS Jenderal Tommy Franks pada tahun 2002 silam, mengutip Corriere.it

Dari Afghanistan, opium kemudian diproses baik di dalam negeri atau di negara tetangga Pakistan dan Iran, untuk kemudian dikirim ke pasar utama, Benua Biru, Eropa.

opium
Ilustrasi lada tanaman opium di Afghanistan. (Wikimedia Commons/Cpl. Marco Mancha/2nd Marine Division)

Ini termasuk untuk kartel narkoba seperti Camorra, 'Ndrangheta dan Cosa Nostra di Italia. Memasok kartel Rusia, Cosa Nostra Amerika dan semua organisasi distribusi di AS kecuali orang-orang Meksiko yang mencoba untuk merdeka dari opium Afghanistan (dengan susah payah, karena heroin dari Sinaloa lebih mahal daripada heroin Afghanistan).

Selain itu, melalui rute Afghanistan-Pakistan-Mombasa (Kenya), Taliban juga memasok kartel Johannesburg di Afrika Selatan, pasar besar lainnya. India, Dubai dan Pakistan. Kemudian, Pasar di China, Jepang dan Filipina juga coba digarap.

Tak hanya itu, opium Afghanistan juga mengubah suplai internasional. Cosa Nostra dan Marseillais yang sejak 1960-an hingga 2000-an mengimpor heroon dari Indochina, segitiga emas Burma, Laos, Thailand, digantikan pasokan dari Afghanistan, menyisakan pasar sebesar 1 hingga 4 persen.

Terpisah, di kantornya di Kandahar, salah satu pejabat provinsi, Mullah Noor Mohammad Saeed, kembali menegaskan, memproduksi opium dilarang oleh Islam dan buruk bagi manusia.

Tapi dia berhati-hati untuk tidak mengkonfirmasi larangan yang akan datang, dan juga memberikan pound kepada masyarakat internasional.

"Jika mereka siap membantu para petani menghentikan opium, maka kami akan melarangnya," singkatnya.