Bagikan:

JAKARTA - Laporan PBB pada Hari Rabu menyebutkan, penurunan produksi opium yang diperintahkan Taliban di Afghanistan, yang lama menjadi pemasok utama dunia, dapat meningkatkan kematian akibat overdosis, karena pengguna heroin beralih ke opioid sintetis yang telah terbukti mematikan di Eropa.

Penanaman opium, yang menjadi bahan baku pembuatan heroin, turun hingga 95 persen di Afghanistan tahun lalu, setelah Taliban melarang produksi narkotika pada tahun 2022.

Meskipun produksi opium di Myanmar meningkat hingga 36 persen tahun lalu, produksinya masih turun secara global hingga 75 persen, menurut Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC) dalam Laporan Narkoba Dunia tahunannya yang diterbitkan pada Hari Rabu.

"Hasil dari kekurangan opiat Afghanistan yang berkepanjangan dapat menimbulkan berbagai konsekuensi di Afghanistan dan di negara-negara transit dan tujuan opiat Afghanistan. Kemurnian heroin di pasaran diperkirakan akan menurun," kata UNODC, melansir Reuters 26 Juni.

Pengamatan lapangan awal menunjukkan kemungkinan sedikit peningkatan dalam budidaya opium Afghanistan tahun ini, tetapi tidak mungkin kembali ke tingkat sebelum pelarangan, kata UNODC.

Meskipun "tidak ada kekurangan nyata" di pasar tujuan utama untuk opiat Afghanistan seperti Eropa, Timur Tengah, dan Asia Selatan dilaporkan hingga awal 2024, hal itu dapat berubah jika panen di masa mendatang tetap sedikit, tambahnya.

"Permintaan untuk layanan perawatan opiat, termasuk untuk metadon, buprenorfin dan perawatan morfin lepas lambat, mungkin meningkat, tetapi jika layanan ini tidak mencukupi, pengguna heroin dapat beralih ke opioid lain," kata laporan itu, yang menguraikan dampak potensial dari berkurangnya pasokan opiat.

"Peralihan semacam itu dapat menimbulkan risiko signifikan terhadap kesehatan dan menyebabkan peningkatan overdosis, terutama jika opioid alternatif mencakup zat yang sangat kuat seperti beberapa analog fentanil atau nitazen yang telah muncul di beberapa negara Eropa dalam beberapa tahun terakhir," tambahnya.

Kematian akibat overdosis nitazenes, sejenis opioid sintetis yang lebih kuat daripada fentanyl, telah dilaporkan di Irlandia, Inggris, Estonia dan Latvia, kata kepala penelitian UNODC Angela Me kepada wartawan.

Biasanya, pengguna heroin akan membeli apa yang mereka pikir adalah heroin tetapi itu akan dicampur dengan nitazenes yang jauh lebih murah dan lebih kuat, kata Me. Obat tersebut kemudian terdeteksi saat tes dilakukan setelah kematian akibat overdosis.

Laporan komprehensif itu juga mengatakan pasokan kokain mencapai rekor tertinggi pada tahun 2022, tahun terakhir di mana data tersedia. Sementara konsumsi di Amerika Serikat tampaknya turun, pengujian air limbah menunjukkan konsumsi meningkat di Eropa.