Terungkap, Tentara Inggris Terkait dengan Kematian Ratusan Warga Sipil Afghanistan, Termasuk 86 Anak-anak
Ilustrasi tentara Inggris di Afghanistan. (Wikimedia Commons/Cpl. Steve Cushman)

Bagikan:

JAKARTA - Tentara Inggris terkait dengan kematian 86 anak-anak dan lebih dari 200 warga sipil dewasa selama konflik Afghanistan, dengan kompensasi rata-rata hanya 2.380 poundsterling untuk setiap nyawa yang hilang, angka baru mengungkapkan.

Mengutip The Guardian 23 September, data korban dicatat dalam log kompensasi resmi Kementerian Pertahanan (MoD), yang diperoleh dari serangkaian permintaan kebebasan informasi. Menurut data, korban sipil termuda yang tercatat berusia tiga tahun.

Salah satu insiden paling serius yang tercatat dalam catatan adalah pemberian 4.233.60 poundsterling kepada sebuah keluarga, setelah kematian empat anak yang secara keliru 'ditembak dan tewas' dalam sebuah insiden pada Bulan Desember 2009.

Beberapa pembayaran berjumlah kurang dari beberapa ratus pound. Pada bulan Februari 2008, satu keluarga menerima 104,17 poundsterling menyusul kematian dan kerusakan properti yang dikonfirmasi di Provinsi Helmand, sementara yang lain menerima kompensasi 586.42 poundsterling atas kematian putra mereka yang berusia 10 tahun pada Desember 2009.

tentara inggris di Afghanistan
Ilustrasi tentara Inggris di Afghanistan. (Wikimedia Commons/Celticwarrior3551)

Data tersebut dikumpulkan oleh Action on Armed Violence (AOAV), yang memeriksa log bertepatan dengan penarikan pasukan Barat dari Afghanistan bulan lalu, yang berpuncak pada kekacauan pengangkutan udara dari bandara Kabul.

Ada fokus baru pada korban sipil di Afghanistan setelah AS dipaksa untuk mengakui bahwa serangan pesawat tak berawak bulan lalu menewaskan 10 warga sipil termasuk tujuh anak, bukan militan dari ISIS Provinsi Khorasan (ISKP), seperti yang diklaim pertama kali.

Sebuah “kesalahan besar” telah dibuat, kata Jenderal Kenneth McKenzie, komandan Komando Pusat AS, saat ia menyampaikan “belasungkawa yang mendalam kepada keluarga dan teman-teman mereka yang terbunuh”.

Dalam log Inggris, banyak insiden dicatat hanya secara singkat. Murray Jones, penulis penelitian, mengatakan: "File-file ini tidak mudah dibaca. Banalitas bahasa berarti ratusan kematian tragis, termasuk lusinan anak-anak, lebih banyak dibaca seperti inventaris."

AOAV memperkirakan 20.390 warga sipil tewas atau terluka oleh pasukan internasional dan Afghanistan selama konflik 20 tahun, meskipun itu sepertiga dari jumlah yang dibunuh oleh Taliban dan pemberontak lainnya. Sebanyak 457 tentara Inggris juga tewas selama periode tersebut.

militer inggris di afghanistan
Penarikan tentara Inggris dari Afghanistan. (Wikimedia Commons/Corporal Andrew MorrisRAFMOD)

Secara keseluruhan, log kompensasi menunjukkan 688.000 poundsterling telah dibayarkan oleh militer Inggris untuk insiden yang melibatkan 289 kematian antara tahun 2006 dan 2013, tahun terakhir operasi tempur Inggris di negara itu, yang berarti kompensasi rata-rata yang dibayarkan oleh Kementerian Pertahanan per warga sipil yang terbunuh adalah sekitar 2.380 poundsterling.

Pembayaran yang dicatat juga terkait dengan operasi yang melibatkan SAS, yang dituduh terlibat dalam eksekusi warga sipil selama konflik. Keluarga dari tiga petani Afghanistan yang diduga dibunuh dengan darah dingin pada tahun 2012 menerima 3.634 poundsterling tiga minggu setelah insiden tersebut. Log menggambarkan uang itu sebagai "pembayaran bantuan yang harus dilakukan untuk menenangkan suasana lokal".

Dalam beberapa kasus, pembayaran untuk kerusakan properti lebih besar daripada yang dicatat untuk hilangnya nyawa. Selama tahun 2009-10, Kementerian Pertahanan memberikan kompensasi sebesar 873 poundsterling untuk derek yang rusak dan 662 poundsterling untuk kematian enam keledai 'ketika mereka berkeliaran di daerah jangkauan senapan'.

Data pembayaran adalah salah satu dari sedikit cara untuk menentukan berapa banyak warga sipil yang kemungkinan besar telah terbunuh oleh pasukan Inggris di Afghanistan, seperti yang dikatakan Kementerian Pertahanan dalam menanggapi permintaan kebebasan informasi lainnya yang tidak memiliki angka secara terpusat.

militer inggris di Afghanistan
Militer Inggris di kawasan bandara Kabul. (Twitter/@DefenceHQ)

Pejabat Inggris mengatakan, upaya secara rutin dilakukan untuk meminimalkan dampak operasi militer terhadap warga sipil. Namun dalam konteks lain, Inggris hanya membuat pengakuan terbatas. Kementerian Pertahanan mengatakan, ada satu korban sipil selama kampanye pengeboman RAF di Suriah dan Irak melawan ISIS selama lebih dari 10.000 misi sejak Agustus 2014. 

Terpisah, seorang juru bicara Kementerian Pertahanan mengatakan jumlah kompensasi yang dibayarkan dalam setiap kasus, ditentukan oleh campuran prinsip-prinsip hukum serta kebiasaan dan praktik setempat.

"Setiap kematian warga sipil adalah tragedi dan Inggris selalu berusaha meminimalkan risiko korban sipil melalui proses penargetan kami yang ketat, tetapi risiko itu tidak akan pernah bisa dihilangkan sepenuhnya," tambah mereka.

Kementerian Pertahanan sebelumnya mengatakan, mereka telah meninjau tuduhan keterlibatan SAS dalam eksekusi ekstra yudisial, dan mengatakan "bukti yang ada tidak cukup untuk penuntutan".