Hindari Balas Dendam Pria yang Dihukumnya, Hakim Wanita Afghanistan Pilih Bersembunyi atau Keluar Negeri
Ilustrasi wanita Afghanistan sempat menjalani karir kedinasan di pemerintahan sebelumnya. (Wikimedia Commons/Mass Communications Specialist 1st Class Elizabeth Thompson/U.S. armed forces)

Bagikan:

JAKARTA - Menarik-narik lipatan pakaian hijab tradisional, dua saudari muda berdesak-desakan dan tertawa untuk mencoba menarik perhatian ibu mereka saat dia menggoreng bawang di atas kompor.

Bersama dengan saudara perempuan mereka yang berusia 6 bulan, gadis-gadis itu tidak menyadari ancaman yang sekarang mereka hadapi dari Taliban, penguasa baru Afghanistan.

Ibu mereka, Nabila, adalah salah satu dari 250 hakim perempuan yang diperintahkan untuk tidak kembali bekerja oleh rezim yang tidak memaafkan perempuan di posisi senior. Mengutip CNN Senin 20 September, penyebutan hanya nama depannya bertujuan untuk melindungi dirinya.

Nabila mengatakan dia takut akan pembalasan, tidak hanya dari fundamentalis, tetapi juga pria yang pernah dia penjarakan. Ketika mereka berkuasa, Taliban membuka gerbang penjara, membebaskan ribuan penjahat yang dihukum.

"Sekarang kami tidak merasa aman, penjahat yang sama mengejar hidup saya sendiri, hidup keluarga saya. Tuhan melarang jika mereka membalas dendam," tutur Nabila.

Setelah pengambilalihan Taliban pada pertengahan Agustus, lusinan hakim wanita melarikan diri dari Afghanistan. Sementara, mereka yang tertinggal sekarang bersembunyi, menurut Hakim Vanessa Ruiz dari Asosiasi Hakim Wanita Internasional (IAWJ) yang berbasis di Amerika Serikat (AS).

Semua hakim yang bekerja di bawah pemerintahan bekas pemerintah Afghanistan, pria dan wanita, kini telah digantikan oleh orang-orang yang ditunjuk Taliban, kata dua hakim kepada CNN.

Namun, Ruiz mengatakan hakim perempuan khawatir gender mereka, menjadi target khusus bagi rezim yang memberikan nilai lebih besar kepada laki-laki. Padahal, banyak hakim perempuan yang memimpin kasus-kasus kekerasan terburuk terhadap kaum perempuan, termasuk pemerkosaan, pembunuhan dan kekerasan dalam rumah tangga.

wanita afghan
Ilustrasi wanita Afghanistan. (Wikimedia Commons/Ben Barber)

"Mereka akan marah pada hakim mana pun yang menghukum mereka. Tetapi, seorang wanita memiliki otoritas resmi, dan duduk dalam penilaian seorang pria, adalah kemarahan dari tatanan yang sama sekali berbeda," papar Ruiz.

IAWJ dan organisasi lainnya berlomba untuk menemukan jalan keluar yang aman bagi para wanita, meski mereka mengatakan membutuhkan lebih banyak bantuan dari AS dan negara-negara Barat lainnya, sebelum terlambat.

"Mereka tidak bisa melihat ibu mereka dibunuh," tandas Ruiz.

Sebelum pengambialihan Afghanistan oleh Taliban, hakim perempuan juga sudah memiliki risiko pada pemerintahan sebelumnya.

Pada Bulan Januari, dua hakim Mahkamah Agung ditembak mati di Kabul oleh orang-orang bersenjata tak dikenal, meskipun Taliban membantah bertanggung jawab, mengutip Reuters.

Sejak itu, ancaman terhadap perempuan Afghanistan, dan orang-orang yang berafiliasi dengan pemerintah sebelumnya, telah meningkat.

Pekan lalu, Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Michele Bachelet mengatakan kepada Dewan Hak Asasi Manusia, kantornya telah mendengar 'banyak tuduhan' tentang Taliban melakukan pemeriksaan dari pintu ke pintu, mencari orang tertentu dan yang pernah bekerja dengan AS.

Lebih lanjut dia mengatakan, perempuan telah secara progresif dikucilkan dari ruang publik, menghadapi pembatasan yang meningkat di "banyak sektor profesional. Nabila mengatakan tidak lama, sebelum dia menerima ancaman pembunuhan.

"Satu atau dua hari setelah Taliban tiba di Kabul, nomor pribadi saya dihubungi dan saya diancam akan balas dendam, diancam akan dibunuh," kata Nabila.

wanita afghanistan
Ilustrasi wanita Afghanistan. (Wikimedia Commons/ninara)

Dia mengganti nomor teleponnya, dan keluarganya sekarang pindah dari rumah ke rumah setiap beberapa hari untuk menghindari pelacakan.

Hakim lain, Bibi, bersembunyi bersama ketiga anaknya yang masih kecil sejak Taliban memasuki Kabul.

"Ketakutan terburuk saya adalah anak-anak saya, mereka tidak bisa melihat ibu mereka dibunuh," ungkap Bibi, yang hanya menggunakan nama depannya untuk alasan keamanan.

"Kami belum tidur nyenyak, kami belum makan dengan baik. Kami hanya menunggu, kami telah berhenti hidup seperti manusia normal."

Bibi harus meninggalkan tempat kerjanya dengan tergesa-gesa karena Kabul jatuh dan tidak dapat kembali ke kantornya, yang berisi semua file pekerjaannya dan informasi pribadinya, termasuk foto, nomor telepon, dan alamat rumahnya.

Dia khawatir Taliban atau mantan tahanan, dapat menggunakan informasi tersebut untuk melacak mereka.

"Mereka merasa seperti itu hak mereka untuk menemukan saya, memukul saya, membunuh saya, mereka tidak memiliki siapa pun untuk ditakuti," paparnya.

Baik Nabila maupun Bibi dan keluarga mereka berusaha meninggalkan Afghanistan dengan bantuan organisasi termasuk IAWJ, tetapi kemajuannya lambat.

Ruiz mengatakan mereka melakukan semua yang mereka bisa, tetapi sumber daya mereka terbatas, dan dia mendesak negara-negara Barat untuk berbuat lebih banyak.

"Pemerintah harus lebih baik, lebih gesit, lebih jujur, dalam memberikan izin kepada orang-orang yang berada dalam bahaya di Afghanistan saat ini," kata Ruiz. "Anda harus memotong birokrasi ketika Anda menghadapi keadaan darurat, dan kita sedang menghadapi keadaan darurat."

wanita afghanistan
Ilustrasi wanita Afghanistan. (Wikimedia Commons/Davric)

Berhasil kabur

Hanya beberapa lusin hakim wanita yang berhasil melarikan diri dari Afghanistan sejauh ini. Seorang hakim berpengalaman berhasil keluar dalam penerbangan dari Kabul ke Polandia bersama dengan anggota keluarga termasuk delapan keponakan laki-laki dan perempuan. Tapi itu bukan perjalanan yang mudah.

"Saya berada di gerbang bandara selama dua malam dengan terlalu banyak orang, dan saya membawa banyak anak," kenang hakim yang tidak mau disebutkan namanya untuk melindungi anggota keluarga yang masih berada di Afghanistan.

"Tiga hari dua malam yang saya alami di Bandara Kabul benar-benar malam terburuk dalam hidup saya, tetapi kami berhasil melewatinya. Saya tidak punya harapan (lain) untuk bertahan hidup," lanjutnya.

Dia tahu dia harus melarikan diri dari negara itu setelah Taliban mencoba melacaknya.

"Lima orang Taliban datang ke daerah saya menanyakan tetangga saya tentang saya. Ketika saya tahu Taliban mengejar saya, saya pindah dari daerah itu juga, karena saya sangat takut jika mereka menemukan saya," tukasnya.

Selain mengkhawatirkan keluarga mereka, para wanita juga berduka atas karir yang mereka raih dengan susah payah.

Bagi mereka yang terjebak di Afghanistan, rasa frustrasi dan ketakutan semakin meningkat.

"Kami yang tertinggal, kami semua mengungkapkan kemarahan, kekecewaan. Kami (telah) kehilangan hak kami untuk bekerja. Kami merasa tidak mungkin bagi kami untuk tinggal di Afghanistan," tukas Nabila.

Terlepas dari bahayanya, Nabila berdedikasi pada jalur karier yang dipilihnya dan berharap suatu hari nanti kembali ke bangku cadangan.

"Saya tidak menyesali semua bidang yang telah saya pilih dan yang telah saya pelajari selama bertahun-tahun. Kami telah bekerja selama bertahun-tahun untuk memerangi kekerasan, penindasan dan ketidakadilan, dan saya ingin melanjutkan pekerjaan saya," pungkasnya.