Aktivis Tewas Dibunuh di Afghanistan, PBB Didesak Gelar Penyelidikan Kejahatan Terhadap Perempuan
Ilustrasi unjuk rasa wanita Afghanistan. (Wikimedia Commons/RAWA)

Bagikan:

JAKARTA - Aktivis hak-hak perempuan di Afghanistan saat ini dilanda kekhawatiran dan ketakutan akan nyawanya, seiring 'teror' yang diterima. Bahkan, ada pula aktivis yang harus meregang nyawa.

Seperti yang dialami oleh Forouzan Safi, wanita yang bergabung dengan aktivis lain untuk memprotes Taliban yang menghancurkan hak-hak perempuan di Afghanistan pada September lalu.

Safi adalah advokat hak-hak sipil dan dosen ekonomi di kota Mazar-e-Sharif, Afghanistan utara.

Namun, pada akhir Oktober dia ditemukan terbunuh. Dia dilaporkan meninggalkan rumah hari itu dengan paspor, diyakini bertemu dengan seseorang yang akan membantunya keluar dari Afghanistan.

Tubuhnya ditemukan penuh dengan peluru bersama tiga wanita lain yang juga tewas.

Berita kematian mereka telah bergema di sekitar komunitas aktivis yang berjuang untuk kemajuan perempuan dan anak perempuan yang hidup dalam ketakutan sejak Taliban mendapatkan kembali kekuasaan.

"Forouzan adalah salah satu dari banyak aktivis perempuan muda yang memiliki mimpi untuk memiliki kehidupan yang indah, untuk memiliki hak-hak dasarnya, untuk hidup dalam damai, untuk mengejar mimpinya, tapi sayangnya dia tidak bisa mewujudkannya," ujar sang teman Nilofar Ayoubi kepada ABC seperti dikutip 22 November.

afghanistan
Ilustrasi wanita Afghanistan. (Wikimedia Commons/The White House/Eric Draper)

"Dia adalah salah satu pengunjuk rasa wanita dari kelompok Mazar-e-Sharif yang memprotes setelah 15 Agustus, dan kemudian dia dikenali dengan tiga aktivis wanita lainnya oleh Taliban dan sayangnya mereka terjebak sampai mati," sambungnya.

Ayoubi adalah seorang jurnalis dan aktivis yang meninggalkan Afghanistan karena khawatir akan keselamatannya sendiri. Dia terhubung dengan baik ke jaringan aktivis hak asasi manusia dan perempuan di Afghanistan dan mengatakan Safi tahu ada sesuatu yang salah menjelang kepergiannya.

"Dia telah mengirim pesan kepada salah satu saudari kita beberapa hari sebelum kejadian, (mengatakan) dia tidak merasa aman di WhatsApp."

"Karena situasinya sangat tegang pada waktu itu, tidak ada yang memperhatikan ketidakhadirannya di grup obrolan, kemudian setelah beberapa hari berita keluar dan tubuhnya ditemukan, bersama dengan tiga saudara perempuan aktivis lainnya," ungkapnya.

Beberapa aktivis telah melaporkan menerima panggilan telepon, pesan, dan email dari orang-orang mencurigakan, mengklaim mereka dapat membantu mereka yang ingin meninggalkan Afghanistan.

Mereka dilaporkan diminta untuk membagikan detail pribadi dan diundang untuk datang ke lokasi tertentu.

Dua tersangka telah mengaku memikat Safi dan tiga wanita lainnya ke rumah tempat mayat mereka ditemukan.

Sementara itu, seorang juru bicara Taliban mengatakan para tersangka telah ditangkap sehubungan dengan pembunuhan itu, tetapi tidak mengatakan apakah mereka juga mengakui pembunuhan itu.

Ia mengatakan, kasus tersebut sedang dilimpahkan ke pengadilan.

Terpisah, Associate Director Human Rights Watch untuk hak-hak perempuan Heather Barr mengatakan kepada ABC, "Taliban menciptakan lingkungan di mana perempuan seperti Safi benar-benar berjalan dengan target di belakang mereka."

"Dan sepertinya ada impunitas bagi orang-orang yang akan menyerang dan membunuh mereka," tukasnyal

afghanistan
Ilustrasi wanita Afghanistan. (Wikimedia Commons/Davric)

Sementara itu, Ayoubi mengatakan daftar wanita yang menghadiri setidaknya satu protes di Kabul telah diperoleh oleh pejuang Taliban.

"Taliban mulai mengitari mereka dan membaca nama mereka satu per satu dan mengancam mereka, (mengatakan) "jika kami dapat mengetahui nama dan jumlah pasti Anda yang saat ini hadir dalam protes ini, maka sangat mudah bagi kami untuk menemukan Anda dan memburu Anda. kamu turun," katanya.

Seorang wanita yang masih berada di Afghanistan, yang membantu mengorganisir beberapa protes, mengatakan kepada ABC Taliban telah mengancamnya secara langsung.

"Kami masih menyembunyikan diri dan kami tidak tahu bagaimana melanjutkan hidup kami. Kami menganggur dalam situasi ini. Saya sangat mencintai negara saya, tetapi sejak Taliban [mendapatkan kembali kekuasaan] itu menjadi seperti neraka dan kami terbakar di neraka ini," paparnya, dengan ABC menyembunyikan identitasnya untuk alasan keamanan.

Ayoubi yakin pembunuhan di Mazar-e-Sharif akan memadamkan pergolakan terakhir perjuangan hak-hak perempuan di Afghanistan.

"Dengan pembunuhan ini, saya pikir Taliban berhasil menciptakan ketakutan dan kengerian dalam keluarga untuk menghentikan protes wanita, anak perempuan, anak perempuan, istri mereka," katanya.

"Saya khawatir jika terus seperti ini, maka dalam waktu singkat suara-suara ini akan hilang. Taliban membenci pikiran muda terpelajar ini, terutama ketika suara-suara ini adalah perempuan," tandasnya.

Barr dari Human Rights Watch mengatakan kepada ABC, situasi di Afghanistan sekarang "sangat, sangat gelap".

"Orang-orang memiliki semua ketakutan ini tentang bagaimana Taliban akan memerintah. Dan sekarang kami memiliki waktu hampir tiga bulan untuk mencari tahu, dan kami telah belajar bahwa sebagian besar ketakutan itu dibenarkan," katanya.

Telah didokumentasikan pembunuhan balas dendam dan pembalasan di Afghanistan, termasuk anggota gerakan perlawanan dan mantan pasukan keamanan.

"Sejak awal, jelas bahwa mereka juga berusaha melacak aktivis hak-hak perempuan dan aktivis hak asasi manusia lainnya," ujar Barr.

"Dan bahkan jika mereka tidak membunuh orang-orang itu, mereka pasti berusaha menakut-nakuti mereka dan mencoba membungkam mereka."

Barr mengatakan, ada pertanyaan tentang apakah intimidasi terhadap aktivis hak-hak perempuan akan meningkat menjadi pembunuhan. Kematian Forouzan Safi memberikan jawaban yang mengerikan.

"Ini tampaknya menjadi pembunuhan pertama terhadap seorang aktivis hak-hak perempuan sejak 15 Agustus dan karenanya merupakan perkembangan yang sangat mengkhawatirkan karena alasan itu," paparnya.

Barr percaya PBB harus menyelidiki kejahatan khusus terhadap perempuan.

"Harus ada penyelidikan, harus ada penyelidikan nyata tentang siapa yang membunuhnya, dan mengapa serta konsekuensi dan keadilan bagi keluarganya," tukasnya.