Jenazah Ricardo, Korban Lapas Kelas I Tangerang, Dikirim ke Portugal Besok
Komandan DVI Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Kombes Hery Wijatmoko/ FOTO:IST

Bagikan:

JAKARTA - Komandan DVI Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Kombes Hery Wijatmoko akan menyerahkan pengiriman jenazah Ricardo Ussumane Embalo bin Antonio Embalo (51) Warga Negara (WN) Portugal yang menjadi korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang. Penyerahan akan dilakukan Sabtu 18 September, besok.

"Yang (jenazah WNA) Portugal tinggal deliver (kirim) ke keluarganya dan penyerahan dari lapas, ada info Insya Allah hari Sabtu," kata Kombes Hery Wijatmoko kepada wartawan, Jumat 17 September.

Meski demikian, Komandan DVI Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang ini belum dapat memastikan untuk waktu pengiriman jenazah Ricardo ke Portugal.

"Kemarin sudah ada perwakilan dari Kedutaan ada yang mengatur untuk proses shipping (pengiriman jenazah) ke Portugal hari Sabtu, tapi untuk jamnya nanti juga diperiksa kembali," ujarnya.

Untuk pengiriman jenazah ke Portugal, sambung Hery, ada prosedur tertentu yang perlu dilengkapi sehingga perlu waktu untuk dapat menyerahkannya ke pihak keluarga.

"Ada perusahaan yang ngurus jenazah sampai luar negeri, biasanya ada prosedur yang harus dilengkapi, makanya perlu waktu," katanya.

Sementara Direktur Keamanan dan Ketertiban, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), Abdul Aris, membenarkan informasi pengiriman jenazah Ricardo ke Portugal dilakukan pada hari Sabtu.

"Informasinya benar, sudah diurus ke Kedubes (Kedutaan Besar), kita kan hanya membantu Kedubes, dikirimnya kemana, ke bandara atau mana. Kalau nantinya mau dibawa ke mana kami belum tahu, belum dapet laporan," ujarnya.

Abdul Aris menyampaikan, jenazah Ricardo akan diberangkatkan dengan pesawat dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang.

 

Terkait