Hyundai Motor Mulai Produksi Mobil SUV Kerja Sama dengan Pemerintah, Presiden Moon Jae-in Ikut Memesan
SUV Hyundai Casper. (Sumber: Hyundai Motor)

Bagikan:

JAKARTA - Gwangju Global Motors (GGM), perusahaan patungan antara Hyundai Motor dan Pemerintah Metropolitan Gwangju, akan memulai produksi massal mobil model pertamanya, SUV kompak Casper, Rabu 15 September.

Mobil jenis mini SUV yang akan diproduksi menjadi sorotan, karena usaha patungan pertama di era pemerintahan Presiden Moon Jae-in, untuk mendukung penciptaan lapangan kerja yang diusulkan.

Di mana Hyundai Motor membangun pabrik mobil dan pemerintah pusat dan daerah membayar paket dukungan keuangan dan kesejahteraan. Ini tidak terlepas dari kesepakatan dengan produsen mobil terbesar di negara itu, yang bertujuan untuk menghidupkan kembali ekonomi regional sambil membantu perusahaan mengurangi biaya tenaga kerja.

Berdasarkan perjanjian tersebut, karyawan GGM menerima gaji rata-rata 35 juta won (29.880 dolar AS) per tahun untuk 44 jam kerja seminggu. Untuk mendukung upah yang relatif rendah, pemerintah pusat dan daerah memberikan berbagai dukungan seperti perumahan, kesejahteraan dan fasilitas penitipan anak bagi karyawan.

Mengingat GGM adalah contoh pertama dari model penciptaan lapangan kerja yang dipraktikkan, pejabat industri mengatakan keberhasilan pendiriannya diharapkan membawa perubahan signifikan tidak hanya pada industri otomotif domestik tetapi juga sektor manufaktur lainnya.

Sementara itu, Selasa lalu Hyundai Motor mengatakan mereka mulai menerima preorder online untuk Casper, sementara penjualan sebenarnya akan dimulai 29 September. Konsumen menunjukan minat yang tinggi, dengan situs pemesanan mengalami gangguan tak lama setelah pemesanan dimulai.

suv casper
SUV Hyundai Casper. (Sumber: Hyundai Motor)

Yang menarik, Presiden Moon juga ikut dalam pemesanan online, dengan Kantor Kepresidenan Korea Selatan (Cheong Wa Dae) menyebut ia berhasil memesan Casper-nya sendiri. Juru bicara Cheong Wa Dae Park Kyung-mee mengatakan Moon memesan SUV kompak Casper karena ia berencana untuk menggunakannya setelah masa kepresidenannya berakhir.

"Presiden Moon Jae-in telah memesan mini SUV Casper, yang diproduksi di Gwangju pagi ini secara online, hari pertama aplikasi untuk pemesanan lanjutan. Casper telah dibeli oleh Presiden Moon untuk penggunaan pribadi dan akan terus berlanjut. digunakan setelah pensiun," terang Park, mengutip Korea Times 14 September.

"Dimulai dengan GGM, delapan pemerintah daerah telah sepakat untuk membentuk apa yang disebut model pekerjaan tipe Gwangju," kata juru bicara itu, seraya menambahkan, "mereka diharapkan dapat menarik total investasi senilai 51 triliun won dan menciptakan sekitar 130.000 pekerjaan. "

Sejauh ini, GGM telah mempekerjakan 539 karyawan, dengan 93,4 persen di antaranya berasal dari Gwangju dan daerah terdekat kota metropolitan di Provinsi Jeolla Selatan, Korea Selatan, kata perusahaan itu.

Perusahaan berencana untuk meningkatkan basis karyawannya menjadi sekitar 1.000 pada tahun depan, menambahkan mereka mengharapkan untuk menciptakan sekitar 11.000 peluang kerja tidak langsung juga.

Sejak Hyundai meluncurkan gambar mini SUV, konsumen telah menunjukkan minat yang besar karena gambarnya yang "lucu" dan kisaran harga yang murah. Untuk diketahui, ini adalah kendaraan pertama yang dijual Hyundai hanya melalui saluran online di Korea.