Hyundai Motor akan Uji Coba Layanan RoboShuttle Otonom
Hyundai RoboShuttle service. (Sumber: Hyundainews.com)

Bagikan:

JAKARTA - Hyundai Motor Company mengumumkan akan memulai uji operasi layanan RoboShuttle (berasal dari 'Robot' dan 'Shuttle'), dilengkapi dengan kemudi otomatis dan kecerdasan buatan di rute sepanjang 6,1 kilometer di Sejong Smart City, Korea Selatan.

Operasional percontohan nanti akan dilakukan menggunakan Hyundai H350, sebuah van empat pintu komersial ringan (dikenal sebagai Solati di Korea, Malaysia dan Vietnam), dilengkapi dengan teknologi inti setara Level 4 dan dikembangkan in-house oleh Autonomous Driving Center di Hyundai Motor. 

Kendaraan tersebut juga telah memperoleh izin operasi sementara pengemudi otonom Level 3 dari Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korea Selatan.

Berdasarkan kemampuan mengemudi sendiri, kendaraan ini dirancang untuk melihat sekelilingnya, membuat keputusan, dan mengendalikan dirinya sendiri saat mengemudi di jalan, yang membutuhkan intervensi minimal dari pengemudi 

roboshuttle
Hyundai RoboShuttle service. (Sumber: Hyundainews.com)

Kendaraan ini akan beroperasi pada rute 6,1 km dari Kompleks Pemerintahan Sejong ke Arboretum Nasional Sejong, dengan 20 pemberhentian untuk penumpang di sepanjang jalan, mengutip Hyundainews.com, Selasa 13 Juli. 

Menjelang uji peluncuran, perusahaan menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan Perusahaan Transportasi Kota Sejong pada 12 Juli untuk memfasilitasi kelancaran operasi program percontohan. 

Program ini juga akan bekerja sama dengan Shucle (berasal dari 'Shuttle' dan 'Circle'), layanan mobilitas responsif permintaan yang berjalan di Kota Sejong, diluncurkan oleh AIRS Company, laboratorium penelitian kecerdasan buatan (AI) khusus di bawah Hyundai Motor Group.

roboshuttle
Hyundai RoboShuttle service. (Sumber: Hyundainews.com)

Shucle adalah layanan ride-pooling pertama yang diluncurkan di Korea Selatan,  menawarkan solusi mobilitas bersama kepada penumpang dengan rute serupa dengan menggunakan algoritma untuk menentukan rute optimal berdasarkan permintaan. Layanan ini diharapkan dapat membuat transportasi umum lebih efisien, karena kendaraan hanya akan berhenti di titik penjemputan dan penurunan yang telah dipilih oleh penumpang melalui aplikasi.

Layanan RoboShuttle akan menghubungkan teknologi mengemudi otonom milik perusahaan dengan teknologi mobilitas AI AirS Company. Saat RoboShuttle diminta oleh penumpang melalui aplikasi Shucle, antar-jemput mandiri akan menuju ke titik penjemputan dengan menghitung jalur terbaik menggunakan algoritma AI.

Mulai Juli, Hyundai Motor akan merekrut penumpang yang ingin merasakan layanan RoboShuttle di Kota Sejong melalui aplikasi Shucle. Dimulai dengan layanan percontohan di Kota Sejong, layanan tersebut akan diperluas secara bertahap ke wilayah lain.

Hyundai Motor juga berencana untuk memperkenalkan layanan RoboShuttle ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Hyundai Motor dan Kia Namyang pada paruh kedua tahun ini, memberikan para penelitinya layanan antar-jemput dengan kemudi otonom.