Ketika Sutradara dan Pemain Film Parasite Dijamu Makan Presiden Moon Jae In
Jamuan Makan Siang Presiden Moon Jae In bersama sutradara dan pemain film Parasite (Hani Korea/ 김정효 Kim Jung Hyo)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengundang sutradara film Parasite, Bong Joon Ho beserta pemain dan staffnya dalam sebuah jamuan makan siang bersama di Gedung Biru atau kantor Kepresidenan Republik Korea Selatan.

Dalam acara jamuan tersebut, Presiden Moon Jae In mengapresiasi karya film Parasite yang membawa nama Korea Selatan ke Kancah Internasional. Apalagi Parasite menjadi satu-satunya film Korea pertama yang berhasil meraih empat penghargaan Oscars 2020.

"Oscars adalah acara penghargaan prestisius di perfilman, dan sutradara kami Bong (Joon Ho) berhasil menunjukkan kritik sosial melalui filmnya. Parasite dan Bong bisa mematahkan pembatas perfilman yang bukan berbahasa Inggris, namun berhasil diakui sebagai film terbaik dan ini membuat saya bangga," kata Moon Jae In dalam pidatonya, seperti dilansir dari Soompi, Kamis 20 Februari.

Keberhasilan film Parasite, dengan membawa empat penghargaan dari enam nominasi yaitu Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Film Berbahasa Asing Terbaik, serta Naskah Asli Terbaik. Hal ini tentu menambah seni pop kultural Korea yang berhasil menembus dunia internasional menyusul K-pop seperti BTS dan K-dramas yang dikenal sebagai Hallyu Wave.

Menurut Presiden Moon Jae In, semua pencapaian internasional yang diraih tidak terlepas dari passion serta kerja keras termasuk sutradara Bong dalam menyuarakan isu sosial dalam filmnya. Apalagi industri perfilman juga menjadi fokus Presiden Moon untuk menciptakan kualitas perfilman yang maksimal, lewat penerapan jam kerja ideal selama 52 minggu.

Sutradara dan pemain film Parasite makan siang bersama Presiden Moon Jae In (Hani Korea/ 김정효 Kim Jung Hyo)

“Saya bersyukur dan merasa terhormat berkumpul di sini. Saya terkejut melihat presiden berbicara di samping saya. Dari memberi selamat atas film, menyentuh budaya Korean dan industri film, dan bahkan mencapai topik chapaguri, pidato Anda terlihat seperti dua halaman skenario.” ungkap Bong di depan awak media.

Butuh waktu cukup lama sampai Parasite, bisa bersaing di kancah internasional. Bersamaan dengan jamuan di Gedung Biru, tentunya juga mengakhiri proses promosi dari film Parasite yang telah berjalan selama dua tahun.

Uniknya, dalam acara makan siang bersama Presiden Moon Jae In, mereka yang menghadiri acara mendapat kesempatan untuk mencoba chapaguri yang dimasak oleh ibu negara, Kim Jung Sook. Chapaguri adalah ramdon (ramyeon-udon) yang dibuat dengan menggabungkan mie instan Chapagetti dan Neoguri. Makanan tersebut ada di dalam film Parasite dan menjadi populer di kalangan masyarakat.