Interpreter Bong Joon Ho, Sharon Choi Tulis Esai Perjalanan Musim Penghargaan
Sharon Choi dan Bong Joon Ho (Tangkapan layar Golden Globes)

Bagikan:

JAKARTA - Mungkin ada yang pernah bertanya-tanya, siapa perempuan yang berdiri di samping Bong Joon Ho setiap kali ia menerima penghargaan? Ternyata, dia adalah Sharon Choi, interpreter Joon Ho yang selalu menerjemahkan pidato sang sutradara. Kali ini, Variety memberinya kesempatan untuk menulis esai tentang perjalanannya mengikuti acara penghargaan film Parasite.

Sharon pertama kali hadir saat Parasite menghadiri festival film Cannes dan menjadi pusat perhatian ketika film ini mendapat Palme d’Or. Perjalanan Sharon mengikuti proses Parasite meraih berbagai penghargaan menginspirasi dirinya untuk menulis esai. Tulisan ini diterbitkan secara eksklusif lewat Variety.

Choi memberitahu, dirinya pertama kali bertemu Bong pada April 2019 ketika ia menjadi interpreter sang sutradara untuk wawancara lewat gawai. Choi yang merupakan seorang pegiat film saat itu sedang mencoba menulis cerita baru. Tetapi ia memutuskan mengambil pekerjaan tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Choi menjadi interpreter untuk acara luar, ia pernah menjadi interpreter untuk sutradara Lee Chang Dong saat melakukan press tour untuk film Burning.

Menurutnya, hadir kembali dalam festival tersebut menghidupkan kenangan Choi kala tinggal di Amerika dan kehidupan budaya bisa dilihat melalui festival tersebut. Meskipun ia tidak ikut produksi Parasite, Choi juga merasa deg-degan setiap mengikuti acara penghargaan. Pekerjaan Choi menjadi interpreter terlihat mudah, tetapi sesungguhnya ia mencoba menerjemahkan setiap kalimat Bong dengan cara familiar agar bisa dipahami semua orang.

 

Esai singkat Choi di Variety menulis ungkapan perasaan Choi menjadi interpreter. Ia memulai esai tersebut dengan perasaan Parasite mendapat empat penghargaan Oscars. Beberapa bulan belakangan, kehidupan Choi dipenuhi dengan mikrofon serta teh lemon madu untuk menjaga suaranya. Ia juga bersyukur bertemu dengan pembuat film yang sering ia saksikan karyanya.

“Perjalanan ini adalah sebuah keistimewaan. Saya menjadi saksi pertama tawa yang keras dari duo yang membuat Bong dan Song Kang Ho, standing ovation untuk pemeran Parasite saat mereka memenangkan penghargaan pada SAG (Screen Actor Guild) Awards.”

Secara perlahan, Choi mendapat perhatian yang cukup besar. Ia mengaku melihat namanya disatukan dengan iklan Viagra. Bahkan, ia mendengar tawaran untuk iklan produk kecantikan. “Saya tidak sabar untuk menyaksikan menit-menit saya berakhir sehingga waktu berikutnya nama saya muncul dengan iklan spam, itulah dengan cerita diri sendiri.”

Perjalanan Choi menemani kemenangan Parasite membuatnya mempelajari dunia sinema. Ia juga terbuka dengan bahasa sinema yang lebih luas dan menjadikan inspirasi untuk film buatannya. 

Esai ini dipublikasikan Variety dalam bahasa Inggris dan bisa diakses secara publik di sini.