Bagikan:

JAKARTA - Kabar duka kembali datang dari industri hiburan Korea Selatan. Aktor Byun Hee Bong meninggal dunia pada Senin, 18 September. Kabar ini dikonfirmasi oleh pihak keluarga setelah berjuang melawan kanker pankreas.

Melansir Korea Times, Byun Hee Bong menghadapi kanker pankreas setelah sempat dinyatakan sembuh. Sang aktor meninggal pada usia 81 tahun.

Sebagai salah satu aktor senior, Byun Hee Bong membintangi puluhan judul film dan drama Korea sepanjang berkarier. Ia juga dikenal sebagai salah satu kolaborator sutradara Bong Joon Ho lewat beberapa filmnya.

Berikut adalah profil lengkap aktor Korea Byun Hee Bong:

Lahir pada tahun 1942, Byun Hee Bong membuat debut aktingnya pada tahun 1970 setelah keluar dari universitas. Ia menjadi salah satu pemeran lewat drama Chief Inspector tahun 1971. Drama ini memperoleh rating tinggi sehingga kabarnya akan dibuat kembali di tahun ini.

Selama beberapa tahun, Byun Hee Bong memilih peran yang tidak biasa lewat drama Korea. Hal ini sempat membuat kondisi finansialnya menurun, bahkan ia mencoba keluar dari Korea Selatan di tengah krisis moneter di tahun '90-an.

Oleh karena itu, pada tahun 1980-an, ia mulai aktif bermain film layar lebar dengan melakoni film Eunuch (1986) dan A Surrogate Father (1993).

Kolaborasinya dengan Bong Joon Ho bermula ketika ia tampil dalam film debut Joon Ho, Barking Dogs Never Bite (2000). Porsi perannya sedikit, namun ia berhasil menjadi salah satu yang ikonik yaitu seorang pria di apartemen yang menyukai daging anjing.

Pertemuan itu mengantarkan Byun Hee Bong menuju kolaborasi dengan film Joon Ho lainnya, seperti Sink & Rise (2004) dan Memories of Murder (2003). Di samping itu, ia juga memerankan film Lovely Rivals (2004) dan Crying Fist (2005).

Ketika membintangi film The Host (2006), Byun Hee Bong menuai respons positif. Film itu menjadi film Korea yang paling sukses sepanjang masa, dan ia menerima sejumlah penghargaan salah satunya Blue Dragon Film Awards.

Pada tahun 2010-an, Byun Hee Bong kembali tampil di beberapa film. Ia juga berperan dalam film Okja (2017) arahan Bong Joon Ho di mana ia menjadi kakek yang menolong Mija. Film terakhirnya adalah By Quantum Physics: A Nightlife Venture di tahun 2019.

Begitu juga dengan drama Korea yang ia terakhir lakoni di tahun yang sama, yaitu Trap.

Ia juga membintangi sejumlah drama Korea. di antaranya 1% of Anything (2003), My Girlfriend is a Gumiho (2010), Pinocchio (2014), serta Madame Antoine (2016).

Sepanjang kariernya, ia menerima 16 penghargaan prestisius, beberapa di antaranya adalah Baeksang, Blue Dragon, serta Director’s Cut Awards.

Pada tahun 2020, Byun Hee Bong menerima Silver Crown of Cultural Merit dari pemerintah sebagai bentuk penghargaan atas partisipasinya dalam mengembangkan budaya pop Korea Selatan.

Byun Hee Bong meninggal dunia pada usia 81 tahun.