Sinopsis Film Parasite, Tayang Malam ini di Trans7
Film Parasite (CJ Entertainment)

Bagikan:

JAKARTA - Film Parasite bakal tayang malam ini, Sabtu, 13 Februari di Trans7. Penayangan film mungkin ditunggu-tunggu oleh penonton TV, karena Parasite masih tergolong film baru karena tayang di bioskop 2019 lalu. Selain itu film yang disutradarai Bong Joon Ho ini memenangkan Best Picture dalam acara Oscar yang digelar tahun 2020.

Parasite menampilkan permasalahan kelas sosial antara orang kaya dan orang miskin di Korea Selatan. Konflik muncul ketika mereka saling serakah mengambil keuntungan.

Di awal film, Parasite menampilkan keluarga miskin di rumah kumuh dan sulit mendapatkan pekerjaan. Anak laki-laki dari keluarga miskin bernama Ki Woo kemudian mendapat kesempatan mengajar anak orang kaya.

Ki Woo tidak ingin menyiakan kesempatan begitu saja dan mengajak satu per satu anggota keluarganya untuk bekerja di rumah mewah ini. Situasi memanas ketika keluarga Ki Woo menghadapi orang lain yang juga mengambil keuntungan di rumah itu. 

Film ini nemampakkan kelasnya sejak menit pertama penayangannya. desain produksi dari setting, wadrobe, dialog, hingga akting pemain Song Kang Ho, Park So Dam, Choi Woo Sik hingga Jo Yeo Jeong terasa pas dan saling menguatkan satu sama lain. 

Alur drama, komedi, hingga thriller bergantian ditunjukkan dalam film ini hingga penonton tidak merasa jenuh. Melalui film Parasite, Bong Joon Ho mencoba mengkritik kapitalisme di Korea Selatan yang menyebabkan tingginya angka pengangguran dan kesulitan mendapat tempat tinggal. 

Film ini juga mendapat apresiasi Palme d’Or dari Festival Film Cannes pada Mei 2020. Setelah itu, Parasite meraih penghargaan di sejumlah acara penghargaan seperti Golden Globe Awards, Screen Actors Guild Award, British Academy Film Awards, dan lainnya.

Tetapi Academy Awards menjadi yang acara penghargaan yang paling berkesan. Parasite menjadi film Korea Selatan pertama yang menerima nominasi selain kategori Best Film Not in the English Language. Bong Joon Ho menjadi legenda perfilman Asia dan kemenangannya membawa harapan baru bagi kancah perfilman.