<i>Parasite</i> Jadi Raksasa <i>Streaming</i> di Hulu dalam Waktu Sepekan
Salah satu adegan dalam Parasite (Twitter @hulu)

Bagikan:

JAKARTA - Film Parasite masih menunjukkan taringnya. Baru dirilis sepekan lewat layanan streaming on demand Hulu, Parasite langsung menjadi film yang paling banyak ditonton oleh pengguna sepanjang masa.

Walaupun angka pastinya tidak disebutkan, Parasite langsung menarik banyak pengguna untuk berlangganan di Hulu. Film arahan Bong Joon Ho ini berhasil menggeser film-film populer lainnya seperti A Quiet Place, How To Train Your Dragon: The Hidden World, dan Creed II.

Hulu sempat menghebohkan warganet setelah mengumumkan Parasite akan masuk dalam daftar tayang mereka. Layanan milik Walt Disney ini saat itu mengganti foto dan header dengan berbagai orang yang matanya ditutup strip hitam seperti poster utama Parasite.

Sesaat setelah mengumumkan rilisnya Parasite, beberapa warganet (yang diketahui bukan orang Korea) komplain. Salah satu pengguna menuliskan “Tidak ada yang mau menonton film yang tidak berbahasa Inggris karena mereka harus membaca (subtitle) untuk mengetahui apa yang terjadi.”

Admin Hulu langsung membalas cuitan tersebut dengan sarkasme, bertuliskan “Jika Anda tidak mau membaca subtitle, Anda bisa belajar bahasa Korea!”

Hal serupa juga pernah dituturkan Bong saat memenangkan piala Golden Globe 2019. Saat itu ia mengatakan “Ketika Anda mengatasi hambatan subtitle setinggi satu inci, Anda akan bertemu dengan banyak film yang luar biasa.” Ini artinya, para penonton harus mulai terbuka dengan film-film berbahasa asing untuk mengeksplorasi sinema internasional.

Meningkatnya atensi terhadap Parasite dimulai saat film tersebut mengikuti Festival Film Cannes 2019. Setelah meraih Palme d’Or, perjalanan Parasite berlanjut hingga Golden Globe dan British Academy Film Awards. Parasite juga menjadi film berbahasa asing pertama yang memenangkan Film Terbaik di penghargaan Oscar 2020.

Di sisi lain, Parasite akan memiliki serial televisi dengan Bong sebagai produser utama bersama Adam McKay. Kabarnya, Mark Ruffalo dan Tilda Swinton akan bermain dalam serial tersebut.