Selain <i>Parasite</i>, Ini 5 Film Bong Joon Ho yang Wajib Ditonton
Bong Joon Ho (Instagram @TheAcademy)

Bagikan:

JAKARTA - Film Parasite memborong banyak piala pada acara penghargaan Oscar 2020. Penghargaan ini menjadikan film tersebut sebagai film berbahasa asing pertama yang memenangkan piala tertinggi Oscar sepanjang sejarah.

Bong Joon Ho selaku sutradara berhasil membawa isu kesenjangan sosial menjadi sebuah tontonan yang menarik. Namun, sebelum membuat Parasite, Joon Ho memiliki banyak film yang bisa dijadikan rekomendasi dan VOI akan merangkumnya untuk kalian.

Memories of Murder (2003)

Film ini menjadikan Joon Ho sebagai pusat perhatian lantaran membuat film berdasarkan kisah nyata. Bukan rahasia umum jika Memories of Murder terinspirasi dari pembunuhan berantai yang terjadi di Hwaseong pada tahun 1986. Memories of Murder menceritakan detektif Park Doo Man yang menyelesaikan kasus pembunuhan sepanjang tahun. Park Doo Man mempelajari teknik mencari seseorang melalui kontak mata.

Film ini berhasil meraih apresiasi serta disebut sebagai film Korea Selatan terbaik sepanjang masa menurut Korean Film Archive. Menggandeng Song Kang Ho sebagai aktor utama, ini menjadi kolaborasi pertama kedua mereka. Akting Song Kang Ho membawanya menerima nominasi Best Actor pada ajang Blue Dragon Film Awards.

The Host (2006)

Duet Song Kang Ho dan Bong Joon Ho kembali berlanjut lewat The Host. Film ini menceritakan monster yang tidak teridentifikasi datang menghampiri sungai Han di Seoul. Monster ini membunuh orang dan membawa Hyun-Seo (Go Ah Sung). Ketika keluarga mereka menyadari Hyun-Seo tertahan, mereka mencoba menyelamatkannya.

Setelah kesuksesan Memories of Murder, film The Host menjadi banyak ditunggu oleh penikmat film. Nyatanya benar karena 13 juta tiket terjual saat penayangan di bioskop. Tidak hanya itu, The Host juga memborong sejumlah penghargaan di negara asalnya dan menerima respons positif dari kritikus internasional.

Mother (2009)

Seorang janda tinggal dengan anak gangguan mental dalam sebuah kota di Korea Selatan di mana ia berjualan obat rempah. Ibu dan anak ini menemukan mayat perempuan. Namun, anak si janda ini menjadi tersangka utama ketika investigasi berjalan. Sang ibu mencoba menyelamatkan anaknya.

Film Mother berkompetisi dalam Un Certain Regard dalam festival film Cannes 2009. Film ini menerima respons positif serta penampilan Kim Hye Ja dalam film ini dipuji habis-habisan. Saking populernya, Mother kembali dirilis pada tahun 2015 di Amerika Serikat.

Snowpiercer (2013)

Snowpiercer menjadi karya pertama Bong Joon Ho yang melibatkan aktor dan aktris dari Korea Selatan serta mancanegara. Film ini dibintangi oleh Chris Evans, Ed Harris, Tilda Swinton, Go Ah-Sung, dan Luke Pasqualino. Snowpiercer menjadi proyek pertama Bong Joon Ho yang didominasi bahasa Inggris. Film ini juga sedang menjalani proses adaptasi ke serial televisi.

Diadaptasi dari novel Prancis karya Jacques Lob, Benjamin Legrand dan Jean-Marc Rochette, Snowpiercer mengisahkan perjalanan kereta milik miliarder Tn. Willford yang berjalan melintasi rel-rel di dunia. Suhu bumi yang menurun drastis menyisakan kehidupan di dalam kereta tersebut. Curtis (Chris Evans) pemimpin kaum gerbong belakang mencoba merebut mesin kereta 17 tahun dan mencoba bertemu dengan Tn. Willford.

Okja (2017)

Seorang CEO Mirando Corporation, Lucy Mirando, mengumumkan sedang mengembangkan sebuah super pig. Sebanyak 26 spesies akan ditempatkan di lokasi berbeda di seluruh dunia dan dalam 10 tahun untuk diberikan piala sebagai babi terbaik. 10 tahun kemudian, seorang anak bernama Mija tinggal merawat babi bernama Okja bersama kakeknya. Namun ketika Mija mendengar Okja akan dibawa ke kota New York, Mija berusaha menyelamatkan agar Okja kembali bersamanya.

Diedarkan lewat Netflix, film ini kembali menggandeng Tilda Swinton serta mengajak Choi Woo Shik dalam film sebelum bekerja sama dalam Parasite. Okja tayang perdana pada festival film Cannes 2017. New York Times menyebut Okja sebagai film paling berpengaruh sepanjang dekade. Film ini juga bisa Anda saksikan lewat layanan streaming Netflix.