Pidato Sindiran Bong Joon Ho di Golden Globe yang Disambut Apresiasi
Bong Joon Ho (Golden Globe)

Bagikan:

JAKARTA - Acara penghargaan Golden Globe Awards 2020 diadakan pada 5 Januari waktu Amerika Serikat. Wujud apresiasi untuk perfilman dan televisi ini menghadirkan beragam nominasi yang sepanjang tahun 2019 mengambil hati para penonton.

Parasite, film asal Korea Selatan berhasil menarik perhatian karena meraih Best Motion Picture - Foreign Language atau Film Berbahasa Asing Terbaik. Parasite mengalahkan The Farewell karya Lulu Wang, Les Misérables karya Ladj Ly, Pain and Glory karya Pedro Almodóvar, dan Potrait of a Lady on Fire karya Céline Sciamma.

Sutradara Parasite, Bong Joon Ho bersama pemeran utama Song Kang Ho, Lee Jung-Eun, dan Cho Yeo-jeong menghadiri acara tersebut. Saat menerima piala, dengan dibantu penerjemah, pidato Joon Ho terbilang cukup pendek. Namun, ia cukup mengejutkan para tamu dengan kalimatnya.

Ia berkata, “Ketika Anda mengatasi hambatan subtitle setinggi satu inci, Anda akan dikenalkan dengan begitu banyak film yang luar biasa”. Kalimat tersebut menyentil orang-orang yang masih sentimen dengan film berbahasa asing serta penggunaan subtitle dalam film.

“Menjadi nominasi bersama para pembuat film internasional adalah suatu kehormatan besar. Saya pikir kita hanya menggunakan satu bahasa: sinema.” Pidato singkat itu menerima banyak apresiasi dari para tamu.

Menjadi salah satu film berbahasa asing tersukses, Parasite menerima banyak penghargaan sejak dirilis tahun lalu. Bahkan, film ini menerima Palme d’Or pada festival Cannes 2019. Belasan penghargaan ini menjadikan Parasite sebagai film Korea pertama yang meraih penghargaan skala internasional.

Saat berada di belakang panggung, Bong Joon Ho menerima pertanyaan tentang mengapa masyarakat menyukai film Parasite. Ia menjawab hal ini terjadi karena isu si miskin dan si kaya yang ditampilkan dalam film berhubungan oleh semua orang.

“Dan film ini juga tentang kapitalisme, apalagi kapitalisme di Amerika terjadi sehingga natural untuk mendapatkan respon yang meledak,” tuturnya.

Parasite menceritakan sebuah keluarga miskin yang mendapat kesempatan untuk bekerja di dalam rumah Mr. Park (Lee Sun Gyu). Pekerjaan tersebut membawa mereka mengalami petualangan yang tidak terlupakan.