HUT ke-73 Korea Utara, Kim Jong-un Ziarah ke Makam Kim Il-sung dan Kim Jong-il di Istana Matahari
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un didamping sejumlah jenderal senior. (Sumber: KCNA)

Bagikan:

JAKARTA - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi makam mendiang kakeknya yang juga pendiri nasional Kim Il-sung, serta mendiang ayah dan mantan pemimpin Korea Utara Kim Jong-il untuk menandai peringatan 73 tahun berdirinya Korea Utara, media pemerintah melaporkan Jumat.

Kim dan istrinya, Ri Sol-ju, memberikan penghormatan di Istana Matahari Kumsusan, tempat jenazah para pemimpin disemayamkan, kata Kantor Berita Pusat Korea (KCNA).

"Di aula di mana Presiden dan Ketua berbaring, Sekretaris Jenderal dan istrinya menyampaikan harapan terbaik keabadian kepada para pemimpin besar yang membangun negara rakyat asli, negara sosialis yang makmur, dan mewariskannya ke generasi mendatang. dengan mendedikasikan seluruh hidup mereka," kata KCNA, mengutip Korea Times Jumat 10 September.

Penampilan publik Ri diyakini menjadi yang pertama dalam hampir empat bulan, sejak ia menghadiri pertunjukan kelompok seni keluarga prajurit dari unit gabungan besar Tentara Rakyat Korea pada bulan Mei.

ziarah
Ziarah HUT ke-73 Korea Utara. (Sumber: KCNA)

Perjalanan Kim Jong-un ke mausoleum dilakukan setelah Korea Utara mengadakan parade militer skala kecil pada tengah malam, yang menampilkan traktor pengangkut artileri daripada rudal balistik antarbenua (ICBM) dan senjata strategis lainnya.

Kim Yo-jong, adik Kim Jong-un yang berkuasa, tidak terlihat di Istana Kumsusan atau di parade militer Hari Kamis dalam foto atau rekaman video yang dirilis oleh media pemerintah.

Tidak biasa baginya untuk melewatkan parade militer Korea Utara, karena dia telah menghadiri semua parade pada peringatan besar sejak 2015. Pada parade militer dalam perayaan kongres kedelapan Partai Buruh yang berkuasa di Korea Utara pada Januari tahun ini, dia terlihat berpakaian dalam mantel kulit hitam panjang yang mirip dengan milik pemimpin Kim.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan akan mengawasi status Kim Yo-jong di acara-acara politik yang akan datang, seperti pertemuan Majelis Rakyat Tertinggi akhir bulan ini.

pesta dansa
Pesta dansa Persatuan Wanita dalam rangka HUT ke-73 Korea Utara. (Sumber: KCNA)

Mendampingi Kim dalam kunjungan ke Kumsusan adalah pejabat tinggi, termasuk Choe Ryong-hae, presiden Presidium Majelis Rakyat Tertinggi dan Jo Yong-won, sekretaris urusan organisasi Komite Sentral partai.

Panglima militer Korea Utara, Pak Jong-chon, yang baru-baru ini terpilih sebagai anggota Presidium Partai Buruh yang berkuasa, juga memberikan penghormatan.

KCNA mengatakan, Kim mengadakan sesi foto dengan para peserta pawai HUT ke-73 dan menyatakan penghargaan karena sepenuhnya menunjukkan efisiensi pertempuran dan persatuan pasukan paramiliter dan keamanan publik negara kita.

Dia juga menyuarakan harapannya, para peserta akan "memenuhi misi dan tugas terhormat mereka membela negara dan membangun sosialisme, sambil memegang senapan di satu tangan dan palu, arit atau kuas tulis di tangan lain."

Beberapa acara perayaan berlangsung di seluruh negeri untuk menandai ulang tahun pendirian, termasuk pesta dansa untuk pemuda dan anggota serikat perempuan, dalam upaya nyata untuk menggalang dukungan domestik di tengah memburuknya ekonomi akibat pandemi COVID-19 yang berkepanjangan dan sanksi internasional.