Sempat Absen Tahun Lalu, Kim Jong-un Kembali Hadiri Peringatan Hari Kelahiran Kim Il-sung
Monumen Kim Il Sung dan Kim Jong Il di Mansu Hill Pyongyang Korea Utara. (Wikimedia Commons/J.A. de Roo)

Bagikan:

JAKARTA - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memberikan penghormatan di makam kakeknya Kim Il-sung pada Hari Kamis 15 April, untuk memperingati hari kelahiran pendiri Korea Utara tersebut, seperti dilaporkan kata Korea Central News Agency (KCNA).

Terletak di Istana Matahari Kumsusan, Kim Jong-un didampingi sang istri Ri Sol-ju juga sempat menyaksikan pertunjukan lagu dan tarian di tempat di mana Kim Il-Sung dan Kim Jong-il yang merupakan ayah Kim Jong-un dimakamkan.

Tanggal 15 April yang merupakan tanggal kelahiran Kim Il-sung ditetapkan sebagai hari libur nasional setiap tahunnya, oleh Pemerintah Korea Utara

"Ketika pertunjukan selesai, penonton kembali bersorak sorai untuk Sekretaris Jenderal," sebut KCNA seperti dikutip Reuters, Jumat 16 April. 

KCNA menyebut, tahun ini ini Kim Jong-un hadir dengan ditemani sejumlah pejabat senior Korea Utara, termasuk adik perempuannya Kim Yo-jong. Berbeda dengan tahun lalu, di mana Kim Jong-un tidak hadir. 

Di tengah ketidakhadirannya tahun lalu, beragam isu dan spekulasi seputar kesehatannya berhembus, mempertanyakan kondisi kesehatannya. Termasuk pula kabar kondisi Kim Jong-un yang kurang baik setelah menjalani operasi. 

Kemunculan Kim kali ini disebut-sebut menjadi simbol bahwa Kim Jong-un masih dalam keadaan sehat selama pandemi COVID-19. Pemerintah Korea Utara hingga saat ini mengklaim tidak ada kasus virus corona di negara tersebut.

Awal April lalu, Komite Olimpiade Korea Utara memutuskan tidak akan ambil bagian dalam Olimpiade Tokyo karena kekhawatiran virus corona dan keselamatan para atlet dan pelatih negara tersebut.