Bagikan:

JAKARTA - Korea Utara menggelar perayaan yang menandai ulang tahun ke-76 berdirinya negara tersebut, dengan para pejabat senior mengunjungi sebuah makam untuk memberi penghormatan kepada mendiang mantan pemimpin negara tersebut, lapor media pemerintah pada Hari Senin.

Perdana Menteri Kim Tok-hun dan pejabat penting lainnya pada Hari Minggu mengunjungi Istana Matahari Kumsusan, tempat jenazah ayah pemimpin saat ini, Kim Jong-il, dan kakeknya, Kim Il-sung, disemayamkan, menurut Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), dilansir dari The Korea Times 9 September.

Pemimpin Korea Utara mengunjungi makam tersebut pada tahun 2012, 2018 dan 2021 untuk menandai ulang tahun 9 September, tetapi ia tampaknya telah melewatkan kunjungan tersebut tahun ini, mengingat tidak ada laporan media seperti itu.

Republik Rakyat Demokratik Korea Utara (DPRK) didirikan pada 9 September 1948 oleh Kim Il-sung, menetapkan tanggal tersebut sebagai hari berdirinya negara.

Korea Utara juga mengadakan pertemuan di luar ruangan dan pesta malam di Pyongyang pada Hari Minggu untuk memperingati hari jadi tersebut, kata KCNA.

Acara tersebut mempertemukan "para inovator buruh dan orang-orang berjasa dari berbagai bidang" di seluruh negara serta kader veteran, katanya.

Di antara hadirin juga terdapat delegasi tamu dari asosiasi warga Korea yang tinggal di Jepang.

Diketahui, Korea Utara biasanya mengadakan parade militer pada setiap peringatan hari libur besar kelima atau kesepuluh.

Tahun lalu, Korea Utara menggelar parade paramiliter yang berpusat di sekitar pasukan cadangannya untuk memperingati hari jadi ke-75 negara tersebut. Dalam peringatan yang luar biasa, negara itu mengadakan parade sipil-paramiliter pada 9 September 2021, pada hari jadi ke-73.