Rumahnya Kosong, Polisi Buru Penipu yang Ngaku Orang Dekat Presiden dan Tipu Artis Rp75 Juta
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat masih mengejar AH, penipu yang mengaku sebagai utusan Presiden Jokowi.

"AH masih dalam pengejaran tim, karena di tempat tinggal dia sudah kosong," ujar Kanit Kriminal Umum Polres Metro Jakarta Barat AKP Avrilendy, Minggu 29 Agustus.

Polisi juga telah melakukan penggeledahan ke rumah AH yang berada di Kompleks Gaman Villa Mulia, Kembangan, Jakarta Barat pada Jumat 27 Agustus, kemarin. Bahkan saat ini, penyidik telah menaikan status AH sebagai tersangka.

Penetapan tersangka dilakukan usai penyidik Reskrimum Polres Metro Jakarta Barat menyelidiki laporan korban penipuan bernama Fahri Azmi. Aktor muda itu ditipu pelaku inisial AH senilai Rp 75 juta.

"AH sudah ditetapkan sebagai tersangka dengan sangkaan Pasal 372 KUHP dan atau 378 KUHP terkait dugaan penipuan atau penggelapan," katanya.

Hingga kini polisi masih mengumpulkan saksi-saksi untuk dimintai keterangan. Sedikitnya sudah 6 orang saksi menjalani pemeriksaan.

Kanit mengatakan, dua orang saksi diantaranya ialah pelapor Fahri Azmi dan temannya. Saksi tersebut ketika itu menyelenggarakan pesta ulang tahun. Fahmi Azmi dan AH turut menghadiri acara. Avrilendy mengatakan, keduanya lalu saling berkenalan.

"Jadi korban punya teman, temannya yang ulang tahun kenal sama pelaku sudah dua sampai tiga tahun lah. Korban sama pelaku ketemu lah di acara ultah itu," katanya.

Avrilendy mengatakan, rekan Fahmi Azmi telah diminta keterangan. Sama hal ketika berkenalan dengan Fahmi. Kepada saksi itu, AH mengaku bekerja sebagai dokter spesialis dan sebentar lagi menjabat Menteri Kesehatan RI mengantikan Dr Terawan Agus Putranto.

Belakangan diketahui, AH bukan sebagai dokter maupun utusan Presiden. "Sejauh ini itu ya (belum memiliki pekerjaan), tapi untuk pastinya perlu kita dalami nanti. Nggak ada pekerjaan dia (AH)," ujarnya.

Hingga kini polisi masih melakukan penyelidikan tindak penipuan itu. Polisi juga masih mencari keberadaan tersangka AH.

"(Tersangka) masih dalam pengejaran tim lapangan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, artis pemeran ganteng - ganteng serigala Fahri Azmi (25) mendatangi Polres Metro Jakarta Barat. Kedatangan Fahri, untuk melengkapi berkas kasus penipuan sejumlah uang yang menimpanya beberapa waktu lalu.

"Hari ini dalam rangka berita acara tambahan (BAP) dimana penyidik menanyakan mengenai barang bukti," kata Fahri, Jumat 27 Agustus kemarin.