Bangganya Anies Lihat Atap Jakarta International Stadium Bisa Buka Tutup
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (DOK Humas Pemprov DKI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau kegiatan topping off rangka atap Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Jakarta Utara. Lewat sambutannya, Anies mengungkapkan rasa bangga melihat konsep pembangunan stadion megah ini. 

Anies mengatakan, atap pada JIS menggunakan sistem atap buka-tutup (retractable roof), sehingga bisa dipergunakan dalam kondisi cuaca ap apun.

"Ini bisa digunakan untuk pertandingan meskipun di siang hari, karena memungkinkan untuk atapnya ditutup.  Lalu ini membuat pemanfaatan stadion menjadi lebih optimal, karena bisa digunakan sepanjang waktu, sepanjang tahun, tanpa terganggu cuaca dan jam operasi. Jadi ini sebuah terobosan yang bisa dibilang pertama di Indonesia, di mana ada stadion dengan atap tertutup yang bisa dibuka tutup," kata Anies di lokasi, Rabu, 16 Juni.

Proses topping off rangka atap JIS ini, kata Anies, sangat kompleks, membutuhkan kompetensi dan presisi yang sangat tinggi, ketekunan serta keseriusan persiapan yang luar biasa. 

Hal ini harus dipersiapkan agar beban rangka atap yang memiliki berat 3.900 ton, serta memiliki panjang 270 meter ini sanggup diangkat dari ketinggian 70 meter. Ada hampir 1.000 orang yang terlibat dalam pembangunan ini.

"Kita semua boleh bangga pada para insinyur kita yang menyiapkan program ini, proyek ini, dengan amat baik. Begitu pula dengan para pekerja di lapangan yang bekerja siang malam untuk memastikan bahwa pembangunan JIS berlangsung tepat waktu, tepat budget, dan tepat kualitasnya," kata Anies.

Anies menganggap pembangunan JIS bisa membuktikan kepada dunia internasional bahwa Indonesia sanggup mengerjakan konstruksi yang kompleks. Hal ini dibuktikan melalui proses topping off tersebut, dengan menggunakan mesin Hidrolik Jack yang tersebar di 16 titik di kawasan JIS.

"Proses yang mengangkat (rangka atap) secara bersamaan satu-satunya di Asia saat ini dengan muatan yang sangat berat, baru ada di Jakarta International Stadium. Namun, jika konstruksinya dikerjakan di bagian atas, itu sudah banyak yang mengerjakan," tutur Anies.

Sebagai informasi, proses pemasangan rangka atap JIS disertai penyelesaian akhirnya ditargetkan rampung pada 5 Juli 2021. Kemudian pada Desember 2021 akan dijadwalkan pertandingan pertama di JIS ketika seluruh pembangunannya rampung.