<i>Soft Launching</i> Awal Februari, Progres Pembangunan Jakarta International Stadium Capai 93,85 Persen
Jakarta International Stadium (JIS)/FOTO IST

Bagikan:

JAKARTA - Proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara sudah mencapai 93,85 persen pada pekan ke-123 pelaksanaan konstruksi saat ini.

Manajer Proyek JIS PT Jakarta Propertindo Arry Wibowo menjelaskan, pekerjaan yang masih diselesaikan saat ini berada pada stadion utama dan perapihan interior seluruh gedung di kawasan stadion.

"Jadi, sudah hampir selesai. Kita saat ini masih on going untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan, khususnya di main stadium. Kemudian beberapa sisa pekerjaan lain merupakan perapihan area interior dari lantai 1 sampai 9, ada beberapa bagian yang perlu kita rapikan," kata Arry saat ditemui di JIS, Jumat, 14 Januari.

Arry menjelaskan, saat ini sedang dilakukan penyelesaian untuk pekerjaan atap membran ETFE atau atap transparan, setelah sebelumnya dipasang atap metal sheet.

Mengingat stadion berstandar FIFA ini memiliki fitur atap buka tutup, maka saat ini juga sedang dikerjakan untuk proses instalasi untuk frame atau rangka atap buka-tutupnya.

"Harapannya, ketika nanti pekerjaan ini semua selesai, ter-install dengan baik, semua sistem bisa dilakukan pengujian dan bisa difungsikan di pertengahan Maret. Targetnya, atap stadion sudah bisa buka-tutup," ungkap dia.

Manajer Proyek JIS PT Jakarta Propertindo Arry Wibowo

Selain itu, rangka fasad juga masih dilakukan penyelesaian. Di tengah lapangan stadion utama, tengah dilakukan untuk penyelesaian area permainan.

Pada area tribun, saat ini sudah terpasang 30 ribuan kursi tribun reguler dari target 82 ribu kursi penonton. Targetnya, bulan Februari seluruh kursi sudah terpasanb.

Sementara itu, pekerjaan yang sudah selesai dilakukan adalah fasilitas lampu, professional sound system yang mendukung stadion. Pekerjaan papan scoring board berukuran 15x30 meter sudah dilakukan uji coba.

Sedangkan ruang-ruang pendukung pertandingan seperti ruang ganti pemain home dan away, fasilitas VIP, VVIP, termasuk ruang press conference room sudah selesai 100 persen.

"Jadi, di bulan Februari akan ada soft launching JIS sekitar tanggal 5 sampai 12 untuk penyelenggaraan International Youth Championship," jelasnya.