Kapan JIS Diresmikan? M Taufik Usul ke Anies Baswedan, Samakan dengan Ultah DKI Jakarta
Anies Baswedan berfoto dengan latar belakang Jakarta International Stadium (Foto via Facebook pribadi)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik mengusulkan peresmian Jakarta International Stadium (JIS) dirangkaikan dengan momentum Hari Ulang Tahun ke-495 DKI Jakarta yang jatuh pada 22 Juni.

"Saya melihat ini hadiah untuk Jakarta," kata Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik di Jakarta, Jumat 22 April.

Politikus Partai Gerindra itu menambahkan saat ini baru dilakukan peresmian awal atau soft launching yang dilaksanakan pada Selasa (19/4) usai final turnamen International Youth Champhionship (IYC) 2022.

"Kemarin baru soft launching yang pertandingan bola itu. Menurut saya awal Juni lah. Hadiah ulang tahun Jakarta," lanjut dia dinukil dari Antara.

Meski begitu, pihaknya menyerahkan keputusan peresmian JIS kepada Pemprov DKI.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Persija akan menjadi tim yang bermain pertama di JIS dan mantan pemain Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas akan menjadi penendang bola pertama saat peresmian perdana JIS.

Meski begitu, tim sepak bola yang pertama menjajal rumput JIS adalah Bali United melawan Atletico Madrid pada turnamen IYC pada Rabu (13/4).

Anies mengungkapkan kapasitas tampung penonton sampai 82.000 orang merupakan salah satu keunikan dari JIS sehingga menjadi kapasitas stadion terbesar di Indonesia.

Selain dari sisi kapasitas penonton, keunikan lain di antaranya desain bangunan ramah lingkungan, atap buka tutup, tidak ada jalur atletik, dan desain kursi.

Selain itu, terkait rumput, infrastruktur standar FIFA, desain bernuansa kearifan lokal Betawi, jalur masuk dan fasilitas joging di atap berketinggian 72 meter.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu merinci JIS dirancang sebagai bangunan ramah lingkungan dengan predikat platinum.

Predikat itu didapatkan berdasarkan hasil penilaian sertifikasi Green Building Council Indonesia (GBCI).

Ia mengungkapkan stadion itu memiliki instalasi khusus untuk konservasi air, dan material digunakan adalah ramah lingkungan dan atapnya memiliki 1.080 unit panel surya

Selain itu, atap berkonstruksi baja dengan berat 3.900 ton, JIS yang bisa buka tutup menjadi keunikan tersendiri sehingga stadion dapat digunakan untuk berbagai kegiatan baik dalam kondisi terik atau hujan.