Daya Tampung JIS 82 Ribu Kursi Tapi Parkiran Cuma 500an Mobil, Anies: Ini Konsep Kota Modern
Jakarta International Stadium (Foto via Facebook Anies Baswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Daya tampung penonton di Jakarta International Stadium bisa mencapai 82 ribu kursi. Tapi yang menarik, JIS cuma memiliki kurang dari 600 lahan parkir untuk mobil. Kok bisa?

Gubernur DKI Anies Baswedan mengakui kalau konsep Jakarta International Stadium memang dibuat seperti itu. Malah Anies menyarankan, jika ada acara di Jakarta International Stadium, sebaiknya datang saja dengan kendaraan umum. Jadi setelah turun dari transportasi massal, para penonton akan berjalan kaki menuju stadium.

"Datang ke JIS bukan kendaraan pribadi," kata Anies melalui kanal YouTube pribadinya, Senin 28 Maret.

JIS nanti disiapkan transportasi yang terintegrasi. Kawasan ini akan dilintasi TransJ, LRT hingga KRL.

"Ini konsep ini kota modern, warganya datangi stadion dengan kendaraan umum," lanjut Anies.

Kata Anies, sejak awal pembangunan JIS juga sudah memperhitungkan dampak bagi masyarakat di sekitar kawasan. Dia menjelaskan di sisi timur dari stadion, terdapat Waduk Cincin yang nanti juga akan dibangun kemudian akan disiapkan kawasan untuk pembangunan menara perkantoran dan menara perumahan.

Sedangkan kampung yang berada di samping rel kereta api berdekatan dengan kawasan stadion, Anies mengatakan saat ini sedang disiapkan rumah susun untuk mereka huni.

Ia menyebut akan disiapkan lebih dari 130 unit dan tersedia unit untuk warga penyandang disabilitas dengan konsep pertanian perkotaan karena pencaharian sebagian dari warga itu bertani sehingga mereka masih bisa menjalankan aktivitasnya.

"Sekarang sedang dalam proses pembangunan nanti mereka akan kembali lagi tinggal disana. Harapannya mereka nanti bisa mendapatkan pekerjaan bisa terlibat dalam proses peningkatan kesejahteraan lewat kegiatan dalam JIS," katanya.