Porsche Vision 357 Speedster, Menggabungkan Tampilan Klasik dengan Performa Kendaraan Listrik
Vision 357 Speedster. (Dok. Porsche )

Bagikan:

JAKARTA - Goodwood Festival of Speed akhir pekan ini ternyata menghadirkan banyak kejutan, salah satunya datang dari Porsche yang membawa mobil konsep terbaru mereka, yaitu Porsche Vision 357 Speedster.

Dilansir dari ruang media Porsche, hari ini, 13 Juli, mobil konsep ini didasarkan pada Porsche Vision 357 yang telah diungkapkan sebelumnya pada bulan Januari, sebagai perwujudan modern dari mobil sport orisinal Porsche, yaitu 356, untuk merayakan ulang tahun ke-75 merek tersebut. Namun, terdapat perbedaan yang lebih jauh pada versi Speedster, karena mendapatkan mesin 4.0-liter flat-six, versi ini sepenuhnya listrik dengan mengadopsi konsep Mission R.

4

Porsche Vision 357 Speedster memiliki tampilan yang mirip dengan versi coupe, kecuali atapnya yang tidak ada. Sebagian besar bodinya sama, termasuk lampu depan yang tersembunyi, fender melengkung besar, dan celah grille vertikal yang elegan di bagian belakang. Di tempat atap dihilangkan, terdapat sebuah jok tunggal di belakang kursi pengemudi, dan sisi penumpang disembunyikan oleh penutup tonneau.

Mobil ini memiliki skema cat unik dalam warna perak dan abu-abu dengan aksen biru terang. Bahkan, mobil ini memiliki maskot hewan seperti konsep Porsche terbaru lainnya: seekor unicorn, yang terletak di setiap sisi di depan roda belakang.

Interior mobil ini sebagian besar terbuat dari serat karbon polos. Kursi pengemudi dicetak langsung pada sasis monokok serat karbon dengan beberapa bantalan untuk memberikan kenyamanan. Tersedia juga sabuk pengaman enam titik menjaga pengemudi tetap di tempat, dan sebuah rak dengan beberapa tali untuk mengamankan dokumen penting.

Sasis mobil ini berasal dari Porsche 718 Cayman GT4 Clubsport, yang tidak terlalu berbeda dengan Porsche 357 berbasis 718. Porsche tidak memberikan spesifikasi rinci mengenai daya, tetapi mereka mengatakan bahwa motor listrik dan baterainya didasarkan pada konsep Mission R.

Diketahui, Mission R menggunakan sepasang motor, satu di bagian belakang dengan tenaga 644 dk, dan satu di bagian depan dengan tenaga 429 dk, dengan total tenaga 1.073 dk. Mission R juga dilengkapi dengan paket baterai 82 kWh. Semua komponen tersebut akan membuat 357 Speedster menjadi monster sejati dalam hal performa dibandingkan dengan 357 coupe.

Kembali lagi, Porsche Vision 357 Speedster ini hanya merupakan konsep dan selain di Goodwood Festival of Speed akhir pekan ini, juga akan mengikuti Rennsport Reunion pada bulan September mendatang. Lalu, apakah Porsche Vision 357 Speedster akan menjadi mobil produksi? Hanya Porsche yang tahu.