Bakal Dipakai PSSI Latihan, DKI Janji Prioritaskan Stadion JIS untuk Persija
Ilustrasi-Arena Fc Malang berhadapan dengan Persikabo 1973 dalam pertandingan Grup A Piala Menpora 2021 (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI menjalin kerja sama dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dalam pemanfaatan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara.

Namun, BUMD DKI PT Jakarta Propertindo menegaskan, jika beroperasi, stadion JIS tetap memprioritaskan lapangan latihnya untuk klub sepak bola di Jakarta, seperti Persija.

Project Director Sportainment Jakpro Muhammad Maulana menyebut prioritas JIS untuk klub sepak bolah di Jakarta ini telah menjadi instruksi Gubernur DKI Anies Baswedan.

“Sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta, JIS diprioritaskan bagi klub-klub asal Jakarta. Misalnya jika terjadi benturan jadwal antara Persija dan tim bola lain dalam penggunaan JIS, maka Persija akan mendapatkan prioritas lebih dulu,” kata Maulana dalam keterangannya, Kamis, 19 Agustus.

Maulana menuturkan, sedari awal pembangunan JIS telah mengusung semboyan #StadionKita, yang merupakan cerminan dari semangat persatuan dan sportivitas di bidang olahraga khususnya di Jakarta.

Namun, Jakpro sebagai pengelola JIS tidak menutup
peluang kerjasama dengan pihak strategis lain, guna mendorong kemajuan prestasi olahraga di Jakarta.

“Jakpro akan selalu terbuka dengan kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak, sehingga tidak menutup peluang kerjasama dengan pihak strategis lain,” ungkapnya.

Diketahui, DKI Jakarta menjalin perjanjian kerja sama pemanfaatan Jakarta International Stadium (JIS) untuk kegiatan olahraga dan mengoptimalisasikan industri olahraga di Indonesia.

Stadion yang digagas Anies Baswedan ini, ketika beroperasi, akan bisa dilakukan PSSI untuk sejumlah kegiatan, seperti melaksanakan event dan pertandingan nasional serta international.

Selain itu, komersialisasi stadion dan kawasan, pengembangan penggunaan lapangan latih, lapangan utama dan kawasan, serta pengembangan olahraga sepak bola nasional dengan standar internasional.

JIS ditargetkan akan diresmikan pada bulan September 2021. Disebutkan, JIS akan menjadi stadion terbesar di Indonesia berstandar FIFA bahkan menjadi 10 besar stadion termegah di dunia, berdasarkan versi media Daily Mail yang berbasis di London, Inggris.

Teknologi yang dipasang di stadion ini antara lain lifting struktur atap stadion dengan bobot terberat yang diangkat secara bersamaan, stadion pertama yang menggunakan sistem atap buka-tutup, dan stadion green building dengan sertifikasi platinum pertama.