Stadion JIS Direstui Jadi <i>Home Base</i> Persija tapi Hanya Pertandingan Besar Akibat Mahalnya Biaya Sewa
Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Pengelolaan Aset PT Jakpro, Gunung Kartiko menyebut Persija Jakarta sudah hampir pasti menjadikan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai home base.

Hal ini diungkapkan Gunung usai ditanya oleh Komisi E DPRD DKI Jakarta mengenai kepastian penggunaan JIS sebagai kandang klub berjulukan Macan Kemayoran tersebut.

"Confirm. Secara prinsip, stadion kita [JIS] bisa untuk home base beberapa (pertandingan) kesebelasan Persija. Untuk MoU jangka panjang, sudah tukar-tukaran draft," kata Gunung di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa, 28 Juni.

Terkait kabar Persija akan menggunakan Stadion Patriot Kota Bekasi sebagai home base, Gunung enggan memberi penjelasan lebih jauh.

Guntur bilang Persija akan menggunakan JIS untuk pertandingan besar dengan jumlah penonton yang banyak saat Liga 1 2022/2023 bergulir. 

Menurut Guntur, harga sewa JIS yang dibanderol oleh Jakpro selaku pengelola dalam menggelar pertandingan cukup mahal.

Maka itu kesebelasan yang dipunggawai Thomass Doll itu hanya menggunakan JIS dalam laga big match. Sementara, untuk pertandingan lain, Persija akan menggunakan Stadion Patriot.

Meski demikian, Gunung tak membeberkan rincian biaya sewa JIS yang disebutnya mahal tersebut.

"Akhirnya diputuskan dengan mereka, tidak semua akan di JIS karena terlalu besar dan biayanya terlalu berat untuk mereka. Untuk pertandingan yang memang membutuhkan venue besar itu akan di JIS. Tapi untuk pertandingan kesebelasan yang tidak menghasilkan penonton yang banyak, mereka akan menggunakan Patriot, menggunakan di luar home base," tutur Gunung.

Lebih jauh, Gunung menegaskan Jakpro akan memberikan keringanan biaya sewa JIS khusus untuk klub milik PT Persija Jaya Jakarta tersebut.

"Previlege ada. Jadi, secara harga juga nanti khusus. Tapi, kita tidak bisa memberikan secara free," ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah memberi lampu hijau kepada Persija untuk menjadikan JIS di Tanjung Priok Jakarta Utara sebagai markas utama

Anies memberi restunya kepada Persija saat menghadiri laga eksibisi bertajuk Trofeo Silaturahmi Jakarta di JIS, Sabtu, 7 Mei malam.

"Hari ini adalah hari penting, karena hari ini janji itu dilunasi. Janji untuk membangun stadion bertaraf internasional yang akan bisa digunakan sebagai home based bagi Persija dan juga home base bagi The Jak, di mana kita semua merasa selama bertahun-tahun penantian dalam kesabaran," kata Anies.

"Alhamdulillah hari ini dimulai walaupun dalam suasana pandemi, sehingga kapasitas yang bisa digunakan masih terbatas," tandasnya.