Bagikan:

JAKARTA - Bakal calon Gubernur Jakarta, Pramono Anung, berjanji akan membangun Jakmania Center atau pusat penjualan merchandise resmi klub Persija Jakarta untuk para penggemar di Jakarta International Stadium (JIS).

Hal ini diungkapkan Pramono saat menghadiri deklarasi kumpulan organ relawan "Rumah Bersama Pramono Anung-Rano Karno".

"Di JIS pun saya sudah memikirkan bahwa JIS akan menjadi tempat home-nya Jakmania atau Persija. Dan Jakmania kita buatkan Jakmania Center di JIS," kata Pramono di Gedung Joang '45, Jakarta Pusat, Rabu, 11 September.

Jakmania Center, menurut Pramono, akan menumbuhkan roda perekonomian bagi para pendukung Persija. Selain itu, JIS juga akan lebih aktif dikunjungi masyarakat meskipun tak ada pertandingan sepak bola atau gelaran konser.

Pramono ingin JIS kelak seperti Old Trafford, stadion yang menjadi home base Manchester United dan terkemuka bagi para wisatawan.

"Maka JIS, Jakmania, menjadi episentrum baru untuk orang datang ke Jakarta sebagai pusat perekonomian. Sekaligus mereka bangga memiliki Persija, bisa beli merchandise-nya. Sehingga, seperti kita kalau ke luar negeri datang ke Old Trafford, ke tempat (home base) Chelsea, belinya apa sih? Kaos," jelas Pramono.

Di satu sisi, Pramono berjanji dirinya dan bakal calon Wakil Gubernur Rano Karno akan membenahi inftastruktur di sekitar kawasan JIS, terutama akses mobilitas bagi pengunjung.

Sebab, berkaca pada gelaran konser Dewa 19 di JIS beberapa waktu lalu, para penonton koser sulit untuk kembali ke rumah karena kepadatan lalu lintas akibat minimnya akses jalan.

"Maka, yang begini harus dilakukan perbaikan, sudah bagus stadionnya, sudah bagus. Daya tampungnya juga bagus. Kalau kemudian MRT-nya itu sampai Ancol, maka wajib untuk menyambungkan dari Ancol ke JIS. Transportasi publik secara langsung, sehingga orang dari manapun bisa pergi ke JIS, tanpa harus bawa mobil, tanpa harus macet-macet yg lama, dan seterusnya, dan seterusnya," urai Pramono.