Anggota DPRD dari PKS Minta Gubernur Anies Parpol Dibolehkan Gunakan  JIS untuk Kampanye
Gubernur DKI Anies Baswedan (Foto via Facebook Anies Baswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Fraksi PKS DPRD DKI Abdul Aziz mengusulkan supaya Jakarta International Stadium (JIS), ketika beroperasi, dapat digunakan juga untuk kegiatan kampanye politik.

Mengingat, kata Aziz, kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat pernah digunakan untuk kampanye partai politik dan calon presiden saat Pemilu 2019 lalu.

"Kita berikan kesempatan, saya kira pemda DKI harus memberikan kesempatan kepada seluruh partai untuk bisa melakukan kampanye di JIS. Seperti yang kita tahu bahwa Senayan saja itu juga dipakai kampanye begitu," kata Aziz kepada wartawan, Selasa, 25 Januari.

Menurut Aziz, partai politik sebagai bagian dari kelompok masyarakat berhak menggunakan JIS untuk kegiatan politik. Sebab, pembangunan stadion megah ini didanai oleh APBD.

"Kesempatan itu harus terbuka karena partai adalah bagian dari masyarakat dan JIS ini dibangun pakai uang masyarakat," ucap Aziz.

"Jadi, saya kira ini patut dipertimbangkan bagi Pemda DKI Jakarta agar JIS ini bisa digunakan pada saat kampanye nantinya. Tentunya dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi," lanjutnya.

Seperti diketahui, proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara sudah mencapai 93,85 persen pada pekan ke-123 pelaksanaan konstruksi saat ini.

Manajer Proyek JIS PT Jakarta Propertindo Arry Wibowo menjelaskan, pekerjaan yang masih diselesaikan saat ini berada pada stadion utama dan perapihan interior seluruh gedung di kawasan stadion.

"Jadi, sudah hampir selesai. Kita saat ini masih on going untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan, khususnya di main stadium. Kemudian beberapa sisa pekerjaan lain merupakan perapihan area interior dari lantai 1 sampai 9, ada beberapa bagian yang perlu kita rapikan," kata Arry saat ditemui di JIS, Jumat, 14 Januari.

Arry menjelaskan, saat ini sedang dilakukan penyelesaian untuk pekerjaan atap membran ETFE atau atap transparan, setelah sebelumnya dipasang atap metal sheet.

Mengingat stadion berstandar FIFA ini memiliki fitur atap buka tutup, maka saat ini juga sedang dikerjakan untuk proses instalasi untuk frame atau rangka atap buka-tutupnya.

"Harapannya, ketika nanti pekerjaan ini semua selesai, ter-install dengan baik, semua sistem bisa dilakukan pengujian dan bisa difungsikan di pertengahan Maret. Targetnya, atap stadion sudah bisa buka-tutup," ungkap dia.

"Jadi, di bulan Februari akan ada soft launching JIS sekitar tanggal 5 sampai 12 untuk penyelenggaraan International Youth Championship," jelasnya.