Fadli Zon Anggap Jenderal Andika Cocok Jadi Panglima: Bisa Angkat Wibawa TNI di Internasional
DOK ANTARA/KSAD Jenderal Andika Perkasa

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon mendukung Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa  untuk menjadi panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun pada November tahun ini.

Fadli yang juga Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR itu, Andika adalah sosok terbaik di antara tiga matra dalam kondisi dan situasi yang tengah dihadapi Indonesia saat ini.

"Menurut saya, yang paling cocok dalam situasi sekarang adalah Jenderal Andika Perkasa," ujar Fadli Zon kepada wartawan, Selasa, 15 Juni.

Selain Andika dari Matra Angkatan Darat, calon panglima lainnya yakni Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Anggota Komisi DPR ini menilai, Andika Perkasa sosok prajurit kaya prestasi yang mampu bergerak dinamis dengan penuh kedisiplinan. Menurut Fadli, Jenderal Andika merupakan figur profesional dan bisa melihat tantangan geopolitik yang dinamis.

"Jenderal Andika bisa merespons dengan baik, bisa berkomunikasi dan interaksi dengan komunitas militer internasional. Ini dibutuhkan," jelasnya.

Atas prestasi tersebut, Fadli yakin Andika Perkasa dapat mengangkat kembali marwah TNI.

"Jenderal Andika bisa mengangkat kembali wibawa TNI di tingkat nasional dan internasional," kata Fadli Zon.