VIDEO: Fadli Zon Dukung Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI Selanjutnya
VIDEO: Fadli Zon Dukung Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI Selanjutnya. (Tim grafis Video VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah aktif menjadi Anggota Organisasi Parlemen Dunia dalam IPU, Fadli Zon buka suara terkait usulan Pak Jokowi tentang nama pengganti Panglima TNI yang akan segera pensiun di akhir November ini.

Fadli diketahui setuju dengan usulan nama Agus Subiyanto dari Presiden RI dan menilai ini adalah keputusan yang tepat dan cermat. Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyampaikan visi dan misinya di depan Komisi I DPR RI pada pukul 10 pagi tanggal 13 November.

Presiden Joko Widodo mengajukan nama Agus sebagai pengganti Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono yang akan pensiun pada akhir November 2023. Fadli Zon pun menerangkan jika pengalaman karir Agus pun lengkap. Ia pernah ditugaskan sebagai Dandim, Danrem, Danpaspampres, Pangdam III/Siliwangi, Wakil Kepala Staf TNI AD dan sekarang sekarang menjabat sebagai KSAD.

Fadli percaya jika Agus mampu mengelola dan memimpin kesatuan tempatnya bertugas, seperti yang diatur dalam Pasal 15 Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI. Yaitu, Panglima TNI memimpin TNI, melaksanakan kebijakan pertahanan negara, menyelenggarakan strategi militer dan melaksanakan operasi militer.

Menurut Ketua BKSAP DPR RI itu ada tiga tantangan Panglima TNI mendatang, yaitu potensi konflik di Laut Cina Selatan yang berdekatan dengan Laut Natuna Utara milik Indonesia, terjadinya gejolak ekonomi dunia imbas perang Ukraina-Rusia dan Israel-Palestina, serta tantangan Pemilu 2024. Simak videonya berikut ini.